Daun Bidara Usir Jin, Juga Penyakit
berita

14 February 2019 17:20
Watyutink.com – Ada satu tanaman yang disebutkan dalam Al Qur’an, yaitu pohon bidara. Selain disebutkan dalam dua surat di Al Qur’an, pohon bidara juga banyak disebut dalam hadis Nabi Muhammad SAW sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat.

Sebagian orang menganggap pohon bidara sebagai alat pengusir hantu, jin, dan mahluk halus lainnya. Padahal sebenarnya pohon bidara, terutama daunnya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun bidara bagi kesehatan?

Pohon bidara adalah Tanaman tumbuh di daerah kering. Selain menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi, daunnya pun memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah mampu menyehatkan jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat, terutama dalam urusan makanan. Mengkonsumsi daun bidara adalah salah satu solusi untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Daun bidara bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus.

Daun bidara juga ampuh untuk mengobati luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau goresan. Selain itu, daun bidara juga memililki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar. Pasalnya daun bidara mempunyai zat yang dapat mempercepat regenerasi kulit.

Bagi Anda yang mempunyai gangguan tidur, seperti insomnia tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi teh daun bidara. Kandungan saponin dalam teh daun bidara dapat memberikan efek menenangkan sehingga dapat mengatasi masalah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

Teh daun bidara juga bermanfaat untuk sistem pencernaan. Pasalnya daun bidara dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan dan mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Selain dalam bentuk teh, rebusan daun bidara pun memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan risiko diabetes. Rebusan daun bidara diyakini dapat mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah. Selain itu rebusan air daun bidara juga mampu mengatasi penyakit wasir.

Bagi perempuan, daun bidara bermanfaat untuk melancarkan haid. Daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang menjadi penyebab siklus haid menjadi tidak teratur. Selain itu daun bidara juga bisa digunakan sebagai masker untuk kecantikan wajah. Kandungan antibakteri dalam daun bidara mampu membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, daun bidara juga mampu meremajakan kulit dan memberi perlindungan kulit dari sinar UV.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter