Daun Simbukan, Berbau Seperti Kentut Tapi Punya Beragam Manfaat Bagi Kesehatan
berita
Daun Simbukan
25 September 2021 16:00
Watyutink.com - Indonesia memang terkenal kaya akan aneka makanan atau kuliner tradisional. Tanah Indonesia yang subuh membuat aneka jenis tanaman bisa tumbuh dengan mudah. Beberapa dari tanaman itulah yang diolah menjadi aneka kuliner khas bercita rasa nikmat

Salah satu tanaman yang bisa diolah menjadi makanan adalah daun simbukan. Orang Jawa Timur biasanya mengolahnya menjadi botok simbukan. Terasa sangat lezat jika botok simbukan disantap bersama nasi hangat, aneka lauk pauk dan tak ketinggalan sambal terasi.

Ternyata daun simbukan tidak hanya enak dimakan. Daun ini juga kaya manfaat bagi kesehatan. Itulah daun simbukan sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tahukah Anda apa saja manfaat daun simbukan untuk kesehatan?

Selain di Indonesia, daun simbukan juga banyak ditemui di beberapa negara Asia. Bahkan tanaman simbukan juga ditermukan di Pegunungan Himalaya. Tanaman simbukan mempunyai nama lain Paederia foetida L. Tumbuh secara merambat, tanaman simbukan bisa mencapai ketinggian 7 meter dengan cara melilit oada tanaman lain.

Bukan hanya di Jawa, daun simbukan juga ditermukan di beberapa daerah di Indonesia dengan nama berbeda. Orang Sunda menyebutnya kahitutan, orang Madura menyebut bintaos. Sedangkan orang Ternate mengenalnya dengan nama gumi siki. Sedangkan orang Jawa menyebut simbukan atau sembukan.

Daun ini mudah dikenal karena aromanya yang tidak sedap. Sampai-sampai ada yang menyebutnya sebagai tanaman kentut. Meski begitu, daun simbukan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hal ini lantaran daun simbukan memiliki kandungan senyawa kimia seperti, paederosida, glikosida iridiod, paederolon, paederon, paederin, paederenin, sitosterol, stigmasterol, alkaloid, karbohidrat, protein, asam amino dan minyak.

Dikutip dari Health Benefits Times, daun simbukan kaya akan serat yang berguna untuk pencernaan. Daun simbukan diyakini mampu mengatasi perut kembung. Gangguan pencernaan ini biasa terjadi akibat banyaknya udara yang tersimpan di dalam perut. Mengunyah makanan terlalu cepat dan mengonsumsi minuman bersoda adalah beberapa penyebab perut kembung.

Untuk mengatasi perut kembung, caranya dengan memakan daun simbukan sebagai lalapan. Bisa juga dengan melilitkan batang simbukan ke bagian perut.

Daun simbukan juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berperan melawan virus dan bakteri. Antioksidan juga berguna melindungi tubuh dari paparan radikal bebas pemicu berbagai penyakit. Health Benefits Times menyebut daun simbukan mampu mengatasi herpes.

Penyakit yang menyerang kulit ini biasanya
ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan. Herpes bisa menyerang siapa saja, anak-anak maupun dewasa, pria maupun wanita. Pada beberapa kasus, herpes bisa bertahan dalam tubuh seseorang, bahkan seumur hidup.

Kandungan alkaloid, paederin, dan etanol dalam daun simbukan berperan penting dalam proses penyembuhan penyakit kulit, termasuk herpes. Caranya, tumbuk sampai halus beberapa lembar daun simbukan lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena herpes. Lakukan beberapa kali sampai sembuh.

Daun simbukan juga mampu mengatasi mata bengkak. Caranya sangat sederhana, rebus beberapa lembar daun simbukan yang sudah dicuci bersih. Setelah mendidik angkat. Dekatkan mata yang bengkak pada air rebusan daun simbukan dan biarkan terkena uapnya. Ulangi beberapa kali.

Daun simbukan juga memiliki sifat anti-tusif dan mucolitik. Hal ini membuat daun simbukan berkhaisat meredakan dan menyembuhkan batuk dan bronchitis. Caranya minum air rebusan daun simbukan. 

Daun simbukan juga bisa mengatasi nyeri otot akibat rematik atau keseleo. Caranya, rebus beberapa lembar daun simbukan. Setelah mendidh angkat. Airnya bisa diminum sedangkan daun sisa rebusan ditempelkan pada bagian tubuh atau persendian yang terasa nyeri.

Rebusan daun simbukan juga berguna menyembuhkan sariawan. Gunakan air rebusan itu untuk berkumur. Lakukan beberapa kali hingga sariawan hilang.

Rebusan daun simbukan juga berguna mengatasi susah buang air kecil. Kandungan minyak atsiri dan iridoid glikosida dalam daun simbukan diyakini mampu melancarkan kencing atau buang air seni. Minum air rebusan daun simbukan secukupnya saat merasa mengalami masalah buang air seni.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF