Fenomena Equinox, Penyebab Cuaca Panas
berita
Sumber Foto : youtube.com (gie/watyutink.com)
13 October 2018 14:00
Apakah Anda merasakan cuasa panas beberapa hari belakangan ini? Ternyata penyebab cuaca panas itu adalah fenomena equinox, sebuah fenomena ketika sumbu bumi tidak terinklinasi terhadap matahari. Selain itu pusat matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa. Bumi mengalami ekuinox dua kali dalam setahun.

Prakirawan cuaca BMKG Kota Bandung, Jadi Hendarmin menjelaskan pada 23 September lalu matahari tepat berada di lintasan atau garis edarnya. Itulah yang menyebabkan cuaca terasa panas. Pasalnya lintasan matahari berada di sekitar pulau Jawa.

Namun suhu panas tersebut tak akan bertahan lama. Sebab matahari nantinya akan terus bergerak ke arah Selatan, menuju  jarak terjauh pada sekitar bulan Desember 2018.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi