Hati-hati, Panggil Teman Kerja 'Cin', 'Say, dan 'Beb' Bisa Picu Perselingkuhan
berita
.
18 August 2019 17:30
Watyutink.com - Bagaimana Anda biasa memanggil teman kerja di kantor. Jika Anda terbiasa memanggil dengan panggilan mesra seperti say, cin, beb, dan sejenisnya, sebaiknya segera hentikan. Pasalnya kebiasaan tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Tahukah Anda, kebiasaan memanggil teman kerja dengan panggilan mesra bisa memicu perselingkuhan?

Pakar seksiologi, dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS menyebut panggilan mesra terhadap teman lawan jenis di kantor adalah pintu masuk perselingkuhan. Meski terkesan biasa panggilan cin (cinta), say (sayang) dan beb (baby) lama kelamaan memicu 'perselingkuhan kering.'

Dr Boyke mencontohkan, saat ini orang biasa mengirim pesan melalui smartphone  kepada teman kantor seperti 'cin tungguin dong' atau 'mau makan di mana say.' Jika dilakukan berulang-ulang lama-kelamaan menjadi kebiasaan. Saat itulah perselingkuhan kering terjadi.

Dr Boyke menjelaskan, perselingkuhan kering adalah perselingkuhan yang dilakukan menggunakan kata-kata mesra. Perselingkuhan kering bisa terjadi saat berkomunikasi sehari-hari dan juga melalui aplikasi perpesanan.

Perselingkuhan kering kerap terjadi terjadi ketika salah satu pasangan, baik suami maupun istri, sedang mengalami masalah dalam rumah tangga. Seringkali masalah tersebut berujung curhat kepada rekan kerja. Lama-kelamaan hal ini akan menjurus pada perselingkuhan basah.

Dr Boyke menambahkan perselingkuhan basah adalah perselingkuhan yang dilakukan dengan cara kencan atau bertemu langsung. Awalnya hanya sekedar ngobrol-ngobrol. Lalu berlanjut dengan jalan-jalan. Bahkan dalam kondisi yang sudah terlalu jauh bisa sampai melakukan hubungan seks dengan pasangan selain suami atau istri.

Menurut penelitian dokter Boyke, 20 hingga 30 persen perselingkuhan kering berujung pada perselingkuhan basah. Awalnya tidak berniat selingkuh, tapi lantaran sudah terbiasa tanpa disadari mereka pun berselingkuh.

Itulah sebabnya jika Anda sudah terbiasa memanggil teman sekantor dengan panggilan mesra sebaiknya segera hentikan. Ganti dengan panggilan pertemanan biasa, pak, bu, mas, mbak, atau panggil nama saja. (cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik