Ini Dia Pahlawan Nasional Asal Papua
berita
youtube.com
23 August 2019 14:18
Watyutink.com - Sejarah Indonesia tak lepas dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Diantara pahlawan ada yang tercatat dan banyak yang tidak. Namun rasa syukur dan doa bangsa ini tentu harus selalu mengalir.

Setiap daerah Indonesia tentu pernah melakukan perjuangan bersama, baik di daerah asalnya maupun bergabung dalam gerakan nasional.

Tahukah Anda, berikut ini adalah deretan nama pahlawan nasional asal Papua, adakah yang belum pernah anda ketahui?

Frans Kaisiepo. Tentu anda sudah tahu dong, Frans Kaisiepo. Nama dan gambar beliau diabadikan di Bandara, Kapal, dan Mata Uang. Frans adalah tokoh penting anti Belanda dan membuktikan sikap dengan menolak menjadi wakil Indonesia saat Konferensi Meja Bundar yang merugikan Indonesia. Karena hal tersebut Frans dijadikan tahanan selama tujuh tahun (1954-1961).

Setelah bebas, Frans kembali berjuang. Pada tahun 1971, Frans Kaisiepo mendirikan Partai Politik Irian. Partai ini dibentuk agar wilayah Nugini bisa bersatu dengan Indonesia.

Marthen Indey. Beliau menjadi ketua Partai Indonesia Merdeka (PIM) dan bersama 12 orang kepala suku lainnya menyampaikan protes kepada pemerintah Belanda yang berusaha memisahkan Irian Barat dari Republik Indonesia. Januari 1962, beliau ikut membantu menyelamatkan beberapa anggota RPKAD yang didaratkan di Irian Jaya selama masa Trikora.

Mayor TNI Johannes Abraham Dimara. Nah ini dia tokoh pahlawan nasional asal Papua yang tergabung dalam satuan militer dan berpangkat mayor. Mayor Johannes turut menyerukan persatuan Irian Barat kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau sangat nasionalis dan terus berjuang untuk persatuan nasional hingga akhir hayatnya.

Silas Papare. Beliau juga pejuang penyatuan Irian Barat kembali kepada Indonesia. Untuk menjalankan misi mulai tersebut, pada Oktober 1949, beliau mendirikan Badan Perjuangan Irian di Yogyakarta dalam rangka membantu pemerintah Republik Indonesia untuk memasukkan wilayah Irian Barat ke dalam wilayah RI.

Itulah empat nama pahlawan nasional asal Papua dan bagaimana kisah perjuangan mereka dalam membangun persatuan dan kesatuan nasional. Sebagai generasi yang sudah mereka, kita wajib menjaga dan merawat kebhinnekaan bersama. (yed

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik