Jadi Makanan Pejuang Kemerdekaan, Batang Pisang Bisa Sehatkan Ginjal, Pencernaan, dan Cegah Hipertensi
berita
Sumber Foto : brilio.net
15 August 2019 16:31
Watyutink.com – Dimasa perjuangan, hampir semua rakyat Indonesia hidup dalam keprihatinan, tak terkecuali para tentara dan penjuang kemerdekaan. Makan serba kekurangan lantaran Indonesia saat itu menghadapi tekanan dari penjajah yang ingin terus menguasai ibu pertiwi.

Meski dalam kondisi prihatin, semangat para pahlawan tak pernah pudar, memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Apa pun dimakan asal bisa mengganjal perut dan mengumpulkan tenaga untuk menghadapi dan mengusir penjajah. Thiwul, singkong, jagung menjadi makanan sehari-hari. Bahkan tak jarang makanan tak lazim pun dikonsumsi, seperti batang pisang.

Meski terkesah aneh, ternyata batang pisang atau orang jawa menyebutnya gedebog memang layak dijadikan makanan alternatif. Pasalnya batang pisang ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat gedebog atau batang pisang bagi kesehatan?

Pohon pisang memang diakui sebagai pohon multi fungsi. Bukan hanya buahnya, daun, batang dan umbinya pun memiliki beragam manfaat. Batang pisang ternyata sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih (ISK).

Dikutip dari situs kesehatan HiMedik, jus batang pisang, kapulaga dan jeruk nipis dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Selain itu jus batang pisang juga berguna untuk melemaskan kandung kemih dan menghindarkan tubuh dari penyakit ISK.

Jus batang pisang juga bisa menyehatkan dan membersihkan saluran pencernaan. Pasalnya jus batang pisang memiliki fungsi sebagai detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu batang pisang juga mengandung serat.  Itulah sebabnya mengonsumsi jus gedebog dapat memperlancar buang air besar (BAB)

Serat yang terkandung dalam batang pisang juga bermanfaat memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia. Akibatnya metabolisme tubuh pun menjadi lebih baik. Selain itu kandungan kalori dalam batang pisang dapat menjaga berat badan tetap ideal. Itulah sebabnya jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan atau diet, jus gedebog bisa menjadi obat alternatif

Jus batang pisang juga mampu mengontrol kolesterol dan tekanan darah. Hal ini lantaran gedebog kaya akan kandungan vitamin B6 dan zat besi yang dapat meningkatkan kandungan hemoglobin, yakni zat dalam darah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Sedangkan kandungan kalium dalam batang pisang sangat efektif mengontrol kolesterol. Selain itu kalium dapat menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya, mengonsumsi jus gedebog juga dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Penderita penyakit asam lambung juga bisa menjadikan batang pisang sebagai pengobatan alternatif. Pasalnya jus batang pisang dapat membantu mengatur dan menyeimbangkan kadar asam dalam lambung. Gedebog bisa menghindarkan penderita dari rasa perih atau panas akibat kadar asam lambung naik.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik