Jaga Kesehatan Usus Besar dengan Bahan Alami, Pepaya, Pisang, dan Semangka
berita

18 January 2020 16:45
Watyutink.com – Usus besar adalah organ tubuh yang sangat penting. Pasalnya usus besar memiliki tugas mencerna makanan dan membuang kotoran keluar dari tubuh. Salah satu bagian dalam usus besar adalah kolon. Organ ini adalah bagian paling panjang dalam usus besar. Kolon memegang peranan paling penting dalam proses pencernaan.

Itulah sebabnya kesehatan kolon wajib dijaga. Sedikit saja kerja kolon terganggu bisa menimbulkan akibat buruk bagi tubuh. Fungsi pencernaan akan terganggu. Akibatnya tubuh tidak menerima asupan gizi dan nutrisi dengan baik.

Tahukah Anda, bagaimana menjaga kesehatan kolon atau usus besar?

Selain kolon, usus besar juga mempunya bagian lain, yakni sekum, rektum, dan anus. Semua organ tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh. Fungsinya adalah untuk menyerap nutrisi. Mengolah sisa makanan dan minuman dengan bantuan bakeri baik dalam usus. Serta mengeluarkan sisa makanan dan membuangnya dari tubuh.

Itulah sebabnya kesehatan usus besar wajib dijaga. Seringkali kita menggunakan obat-obatan kimia untuk menjaga kesehatan usus besar. Padahal sebenarnya banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan usus. Penggunaan bahan alami diyakini lebih baik lantaran tanpa efek samping.

Salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus besar adalah pepaya. Buah berwarna kuning kemerahan ini memiliki sifat antiinflamasi yang sangat baik untuk membersihkan usus besar. Selain dimakan langsung, pepaya juga bisa diolah menjadi minuman kesehatan. Caranya, sediakan setengah buah pepaya matang, satu buah jeruk nipis, dan gula aren secukupnya.

Potong pepaya menjadi dalam ukuran kecil, haluskan dengan cara diblender bersama sedikit air. Campurkan dengan jeruk nipis dan gula aren yang sudah dihaluskan. Minum jus pepaya dan jeruk nipis secara rutin. Usus dan organ pencernaan lain akan menjadi lebih sehat.

Buah pisang juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan usus besar. Pasalnya pisang mengandung antasid alami yang bisa menyingkirkan kotoran dan racun yang menempel di usus. Pisang juga kaya akan kandungan kalium dan mineral penting lainnya yang bisa meningkatkan fungsi usus dan sistem pecernaan. Sedangkan kandungan potasium dalam pisang bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat diare.

Kandungan potasium juga banyak terkandung dalam buah semangka. Itulah sebabnya semangka juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan usus besar. Semangka bermanfaat untuk mendetoksifikasi atau membuang racun dari usus besar.

Buah apel juga bermanfaat untuk membersihkan usus besar. Pasalnya apel, baik yang berwarna hijau atau merah mengandung zat pektin, serat, dan antioksidan. Apel juga memiliki sifat menenangkan yang baik untuk menjaga kesehatan usus besar.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)