Jangan Buang Biji Anggur, Bisa Sehatkan Otak, Cegah Kanker, Diabetes, dan Darah Tinggi
berita

08 September 2019 17:50
Watyutink.com - Selama ini saat memakan buah anggur kita seringkali membuang bijinya. Kita takut biji anggur tertelan dan masuk dalam tubuh.

Padahal sejatinya biji anggur bermanfaat bagi kesehatan. Para ahli pengobatan tradisional bahkan sudah lama memanfaatkan biji berukuran kecil ini sebagai obat berbagai penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji anggur bagi kesehatan?

Biji anggur diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat mencegah berbagai penyakit. Selain itu biji anggur juga berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, anti alergi dan anti kanker.

Biji anggur juga dipercaya sebagai sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari biji anggur adalah untuk menyehatkan otak. Mengonsumsi biji anggur diyakini bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Selain itu biji anggur juga bisa mencerdaskan dan menurunkan risiko depresi.

Biji anggur juga bermanfaat menguatkan tulang. Hal ini tak lepas dari kandungan zat besi yang terdapat dalam biji anggur. Selain menyehatkan, nutrisi dalam biji anggur juga dapat meregenerasi sel tulang dan menjadikannya lebih sehat.

Biji anggur juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi. Pasalnya biji buah yang tumbuh merambat ini mengandung senyawa asam linoleat, flavonoid, dan procyanidins fenolik yang ampuh menjaga kesehatan pembuluh darah.

Senyawa tersebut juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Itulah sebabnya selain mencegah darah tinggi, biji anggur juga dapat menghindarkan tubuh dari tekanan darah rendah. 

Penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan biji anggur juga dapat mengobati serangan flu. Kandungan berbagai senyawa dalam biji anggur juga dapat mencegah gatal di hidung, radang, serta alergi akibat flu.

Bagi penderita diabetes atau kencing manis, biji anggur bisa menjadi obat alternatif. Nutrisi, vitamin dan senyawa dalam biji anggur dipercaya mampu meminimalisir risiko diabetes.

Selain itu biji anggur juga dipercaya dapat mencegah risiko kanker. Pasalnya biji anggur dikenal kaya akan kandungan antioksidan. Zat ini dipercaya ampuh menangkal efek negatif radikal bebas yang dapat memicu penyakit kanker. (cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik