Jangan Diabaikan! Bagian Sayur Ini Kaya Manfaat
berita
Sumber Foto : intisari.grid.id
17 September 2019 10:24
Watyutink.com – Hampir setiap orang mengkonsumsi sayuran setiap hari. Ketika memasak sayur pasti ada bagian yang dibuang karena dianggap tidak enak, keras, dan tidak bermanfaat. Namun ternyata beberapa bagian yang dianggap tidak bermanfaat itu justru kaya akan nutrisi.

Tahukah Anda, bagian dari sayur apa saja yang sering dianggap tidak berguna justru memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh?

Batang brokoli yang keras membuat sebagian orang menganggap itu sebagai sampah. Namun ternyata batang brokoli kaya akan vitamin B6, B9, B12, kalsium, dan serat yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta anti inflamsi.

Baca Juga

Batang bayam seringnya dibuang karena dianggap tidak bermanfaat. Namun Batang bayam mengandung serat yang justru lebih besar dibandingkan daunnya. Serat berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan tubuh.

Daun terluar kubis yang keras dan berwarna hijau tua justru seringnya dibuang. Padahal bagian ini mengandung tinggi karotenoid yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan.

Daun lobak biasanya dibuang karena kebanyakan orang hanya mengkonsumsi umbinya saja. Padahal daun lobak megandung vitamin A, K, zat besi, kalium dan serat. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh.

Daun buah bit hampir tidak pernah dikonsumsi. Daun buah bit kaya akan kalsium, zat besi, vitamin A, K, dan serat. Nutrisi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan otot tubuh.

Jika dirasa belum terbiasa mengkonsumsi bagian-bagian sayur tersebut, Anda bisa mencampurnya dengan masakan lain yang Anda sukai.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja