Jangan Dibuang! Biji Kurma Ampuh Turunkan Gula Darah
berita
Sumber Foto : siraplimau.com
13 September 2019 09:30
Watyutink.com – Bukan rahasia umum lagi, kurma merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Jenis kurma yang paling disukai beliau adalah kurma Ajwa. Pada umunya masyarakat hanya mengkonsumsi daging buah kurma, dan membuang bijinya. Namun ternyata biji kurma memiliki manfaat bagi penderita diabetes.

Tahukah Anda manfaat dari biji buah kurma?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Biokimia Institute Pertanian Bogor menunjukan biji buah kurma mengandung matabolit sekuder berupa flavonoid dan saponin yang berfungsi menghambat pembentukan alfa-glukosidae. Alfa-glukosidae berfungsi menurunkan kadar glukosa pada penderita diabetes.

Baca Juga

Biji kurma mengandung proanthocyanidins yang berfungsi melindungi toksisitas pada ginjal dan hati. Sehingga kesehatan ginjal dan hati tetap terjaga.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji kurma mampu melindungi tubuh yang rusak akibat stres dan membersihkan radikal bebas dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat biji kurma dapat dengan cara menjadikannya kopi biji kurma. Membuatnya diawali dengan mencuci bersih biji kurma, kemudian dijemur di bawah terik matahari. Usahakan menjemur di tempat yang bebas debu serta gangguan hewan. Setelah benar-benar kering, lalu digoreng di wajan tanpa minyak sampai biji kurma hangus dan mengeluarkan aroma sedap seperti kopi. Setelah itu biji kurma ditumbuk sampai halus. Kopi biji kurma siap dinikmati.

Jadi, tertarik untuk mencoba kopi biji kurma?

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja