Jangan Dibuang, Kentos Kelapa Ternyata Mampu Sehatkan Ginjal Hingga Jantung Anda
berita
Sumber Foto : youtube.com
24 September 2019 10:30
Watyutink.com – Pernahkan Anda menemukan benda bulat berwarna putih saat membelah buah kelapa? Jika pernah, “lucky” berarti Anda beruntung. Kentos kelapa atau sering disebut tombong kelapa biasanya dibuang karena dianggap tidak ada manfaatnya. Namun siapa sangka, kentos kelapa justru memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Tahukah Anda manfaat dari kentos kelapa untuk kesehatan?

Pada dasarmya Kentos kelapa adalah embrio dari kelapa. Bisa dibilang kentos kelapa adalah cikal bakal pembentukan tunas kelapa yang nantinya akan menembus keluar jika buah kelapa sudah tua. Bentuk kentos biasanya bulat berwarna putih semu dan tekstrunya seperti spons. Jika bulatannya masih kecil rasanya manis, namun jika sudah besar rasanya hambar seperti kapas.

Baca Juga

Siapa sangka ternyata kentos kelapa mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dipercaya mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu kandungan vitamin D dan fosfor pada buah ini dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak berhenti disitu, kandungan fosfornya dipercaya mampu meningkatkan kinerja ginjal dalam menyaring racun, sehingga meminimalisir timbulnya penyakit dalam tubuh.

Kentos kelapa kaya akan omega tiga yang baik untuk pertumbuhan otak, terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Asam lemak omega tiga tidak diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu untuk mendapatkannya Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini.

Kandunngan zat besi pada buah ini dipercaya mampu mengatasi anemia. Zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan trombosit. Dengan kata lain, apabila kandungan zat besi dalam tubuh Anda terpenuhi maka aliran darah keseluruh tubuh pun menjadi stabil.

Kentos kelapa memiliki sifat anti-virus, anti parasit, anti jamur, dan anti bakteri. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit termasuk penyakit infeksi jamur bahkan mampu mencegah penyakit liver.

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam buah ini mampu mengatasi penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol. Hal ini otomatis dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja