Jangan Kucek Mata Saat Kelilipan, Bisa Rusak Kornea dan Ganggu Penglihatan
berita
Mata Kelilipan
09 October 2019 17:00
Watyutink.com – Anda pasti pernah mengalami kelilipan, benda asing secara tidak sengaja masuk ke dalam mata. Benda asing tersebut bisa berupa debu, pasir, rambut, atau benda kecil lainnya. Kelilipan biasanya terjadi saat kita berada di lokasi yang berdebu dan berangin.

Kelilipan tidak bisa dipandang sepele. Pasalnya mata adalah organ tubuh yang sangat penting. Sedikit saja kerusakan bisa menimbulkan gangguan pada mata. Akibatnya fungsi pengelihatan pun ikut terganggu. Itulah sebabnya penting bagi kita melakukan penanganan yang tepat saat kelilipan.

Tahukah Anda, apa tindakan yang benar saat kelilipan?

Biasanya kita akan mengucek mata saat kelilipan. Terlebih saat benda asing masuk mata kerap disertai rasa gatal. Tindakan mengucek mata sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Pasalnya mengucek mata bisa menyebabkan abrasi kornea mata, yakni hilangnya lapisan permukaan epital  kornea. Abrasi bisa semakin parah jika kita mengucek mata terlalu kencang.

Saat kelilipan sebaiknya tarik kantung mata bagian bawah. Hal ini guna memastikan benda apa yang masuk ke mata. Namun sebelumnya pastikan tangan dalam kondisi bersih. Tangan kotor justru berisiko menyebabkan infeksi pada mata.

Untuk mengeluarkan benda asing, cukup dengan mengedipkan mata berulang kali. Kadipan mata dapat memicu keluarnya air mata. Selain untuk membasuh, air mata juga bisa membawa benda asing keluar dari mata. Buka mata lebar-lebar dan berkediplah dengan cepat. Lakukan beberapa kali hingga benda asing keluar dari mata.

Bisa juga dengan menarik kelopak mata bagian atas dan bawah. Lalu berkediplah sambi melakukan gerakan memutar bola mata. Tindakan ini diyakini dapat menggerakkan dan mengeluarkan benda asing dari mata.

Jika dirasa masih sulit, gunakan alat bantu, seperti cotton bud atau kain basah. Letakkan di pojok mata agar benda asing tersebut mudah diambil. Untuk melindungi kornea mata, arahkan pandangan mata ke posisi yang berlawanan dengan letak benda asing. Namun pastikan semuanya dilakukan dengan sangat hati-hati

Obat tetes mata juga bisa digunakan saat kelilipan. Teteskan obat beberapa kali dan biarkan benda asing keluar dengan sendirinya. Pastikan Anda telah membaca dan menggunakan obat tetes mata sesuai aturan yang tertera pada label obat tersebut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja