Jangan Lakukan Hal-hal Ini Jika Tidak Ingin Ginjal Anda akan Rusak
berita

28 March 2019 16:25
Watyutink.com – Salah satu organ tubuh yang sangat penting adalah ginjal. Pasalnya ginjal berfungsi untuk menyaring zat-zat buangan atau sampah dalam tubuh, baik berasal dari makanan, obat-obatan, maupun zat beracun. Itulah sebabnya kesehatan organ ginjal harus selalu dijaga dan dipelihara.

Namun gaya hidup dan tuntutan aktivitas seringkali tanpa kita sadari telah membahayakan ginjal. Jika dibiarkan, lama kelamaan ginjal akan rusak dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Itulah sebabnya kebiasan-kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan harus segera dihentikan.

Tahukah Anda, apa saja kebiasaan yang bisa merusak ginjal?

Salah satu kebiasaan yang tanpa kita sadari bisa merusak ginjal adalah jarang minum air putih. Para ahli kesehatan menyarankan kita untuk  minum delapan gelas atau sekitar dua liter air putih setiap hari. Jika kurang dari dua liter, tubuh berisiko mengalami dehidrasi dan berpotensi merusak ginjal.

Saat tubuh kekurangan air, ginjal akan bekerja dengan lebih keras. Akibatnya urine yang disaring jadi lebih pekat dan menyebabkan pengkristalan. Jika dibiarkan pengkristalan akan menjadi batu ginjal yang bisa merusak ginjal.

Kebiasaan buruk lain yang bisa merusak ginjal adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam dan protein. Tubuh memang membutuhkan garam. Namun jika terlalu banyak, garam bisa merusak tubuh. Pasalnya garam berlebih akan mengikat air dalam tubuh dan menyebabkan masa tubuh meningkat. Hal ini akan menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih berat.

Hal yang sama dengan konsumsi protein, khususnya protein hewani. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan akan membuat kerja ginjal menjadi semakin berat dan dalam jangka panjang bisa merusaknya.

Kebiasaan merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol juga akan menyebabkan kerusakan ginjal. Pasalnya keduanya mengandung racun yang dapat masuk ke dalam aliran darah. Pada akhirnya racun tersebut akan merusak ginjal.

Mengonsumsi makanan yang terlalu manis pun bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Pasalnya makanan manis akan menyebabkan tubuh mudah mengalami obesitas yang bisa menyebabkan gangguan darah tinggi dan diabetes. Dua penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah, bahkan yang menyebabkan ginjal tidak berfungsi sama sekali.

Kurangi makanan dan minuman yang terlalu manis. Ganti gula yang digunakan dengan gula rendah kalori atau batas konsumsinya hingga maksimal empat sendok teh setiap harinya.

Terlalu sering duduk juga menjadi salah satu pemicu kerusakan ginjal. Bahkan ginjal bisa mengalami inflamasi dan juga nyeri yang cukup kuat. Pinggang dan tulang belakang biasanya akan terasa tidak nyaman saat duduk.

Jika Anda bekerja di kantor dan duduk terlalu lama, sebaiknya selingi dengan melakukan peregangan dan banyak minum air putih. Setelah duduk selama dua atau tiga jam coba berdiri dan berjalan selama lima menit. Hal ini dimaksudkan agar ginjal tidak bekerja terlalu lelah.

Selain itu imbangi pula rutinitas Anda dengan sering berolah raga. Pasalnya kurang olahraga menyebabkan ginjal mengalami gangguan. Aliran darah yang buruk hingga inflamasi cederung menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Untuk itu lakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai setiap pagi. Jika cukup waktu luang, tambahkan dengan melakukan olah raga yang lebih berat seperti berenang atau olah raga permainan seperti futsal, tenis, atau bulu tangkis.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter