Jangan Makan Ikan Asin Berlebihan, Bisa Gagal Jantung
berita
Sumber Foto : republika.co.id
03 January 2019 17:15
Watyutink.com - Anda pasti pernah makan ikan asin. Seperti halnya krupuk, ikan asin termasuk lauk makan ‘wajib’ bagi masyarakat Indonesia. Biasanya ikan asin dimakan bersama dengan lalapan dan sambel.

Tahukah Anda, mengkonsumsi ikan asin terlalu banyak ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan?

Ikan asin adalah salah satu proses untuk mengawetkan daging ikan. Meskipun mempunyai kadungan gizi yang tinggi, tapi daging ikan mudah rusak. Agar bisa bertahan lebih lama, maka daging ikan diolah menjadi ikan asing.

Pembuatan ikan asing dilakukan dengan menaburi daging ikan dengan garam. Bisa juga dengan merendam daging ikan dengan cairan yang cairan air garam pekat. Selanjutnya ikan dijemur hingga benar-benar kering.

Proses ini menyebabkan kandungan garam dalam ikan asin menjadi sangat tinggi. Sehingga menkonsumsi ikan asin dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan resiko hipertensi.  Zat natrium yang terkandung dalam garam dapat menarik cairan dalam jumlah banyak. Akibatnya volume darah yang dipompa harus lebih besar. Hal ini justru membuat tekanan di dalam pembuluh darah meningkat.

Peningkatan tekanan darah akibat konsumsi ikan asin berlebihan juga dapat menyebabkan perubahan struktur serta fungsi jantung. Jantung akan lebih mudah membengkak atau cardiomegaly. Kondisi ini bisa menyebabkan gagal jantung.

Selain jantung, mengkonsumsi ikan asin berlebihan juga bisa menyebabkan pembengkakan organ tubuh lain, seperti kaki dan paru-paru karena cairan tubuh tidak  bisa mengalir dengan efektif.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter