Jarang Cuci Celana Jeans, Ini Akibatnya
berita
Istimewa
29 July 2019 17:25
Watyutink.com - Apakah Anda penggemar celana jeans? Sepertinya tidak ada orang yang tidak suka celana jeans, terutama anak muda. Celana yang satu ini memang sangat banyak penggemarnya.

Selain karena design yang sederhana, jeans juga digemari lantaran kuat dan tidak mudah robek. Jeans juga sesuai untuk berbagai acara, santai bisa formal pun bisa.

Namun Anda perlu berhati-hati saat mengenakan jeans. Jangan karena saking sukanya, Anda lupa mengganti celana dan memakainya selama berhari-hari.

Tahukah Anda, apa akibat buruk mengenakan jeans berhari-hari tanpa ganti?

Salah satu kebiasaan pemakai jeans adalah jarang mencuci. Meski terdengar jorok tapi hal ini kerap dilakukan penggemar jeans. Padahal kebiasaan ini sangat berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Dalam tulisan yang dimuat Men's Health, Dr. Steve Xu, M.D. dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menyebut bahwa seseorang yang terbiasa mengenakan jeans berhari-hari berisiko mengalami serangan infeksi bakteri.

Namun Steve menyebut hal itu tidak perlu dirisaukan karena kemungkinan serangan infeksi tergolong rendah. Pasalnya kulit merupakan pelindung yang sangat baik terhadap infeksi.

Sedangkan Dr. Adrienne Haughton, M.D., direktur dermatologi klinis dan kosmetik dari Stony Brook Medicine menyebut kebiasaan menggunakan celana jeans tanpa mencuci memiliki kemungkinan menimbulkan rasa gatal atau infeksi jamur pada bagian selangkangan. Adrienne menyebut kaum pria paling banyak mengalami gangguan tersebut.

Jika seseorang tidak menggunakan kaos kaki sebelum memasang celana dalam maka jamur bisa berpindah pada area selangkangan dan selanjutnya pada celana jeans. Ketika celana jeans tidak dicuci, jamur ini bakal terus berkembang.

Melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan dan bergerak biasa juga bisa membuat jamur terus berkembang.

Adrienne menyebut orang yang memiliki ruam, luka terbuka, atau kulit kering cenderung lebih mudah terserang infeksi bakteri. Selain itu kandungan minyak di celana bisa menyebabkan jerawat atau bahkan bisul.

Adrienne menjelaskan tidak ada aturan pasti berapa lama celana jeans harus dicuci. Agar bisa digunakan dengan baik, Adrienne menyarankan celana jeans disimpan dengan cara digantung secara terbalik. Maksudnya, bagian dalam celana berada di luar.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar