Jarang Diketahui, Timun Suri Buah Khas Ramadhan Ternyata Bisa Sehatkan Mata, Tulang, Cegah Alzheimer dan Kanker
berita
Timun Suri/ Net
12 April 2021 16:45
Watyutink.com – Bulan suci Ramadhan telah tiba, umat Islam pun diwajibkan berpuasa. Selama sebulan penuh umat Islam dilarang makan dan minum di siang hari dan baru boleh makan dan minum saat sudah masuk waktu maghrib. Saat itulah umat Islam berbuka mengakhiri berpuas selama sehari.

Tak heran jika umat Islam menyambut gembira saat berbuka puasa. Aneka makanan dan minuman pun disiapkan untuk berbuka. Selain buah kurma, ada satu buah yang selalu hadir saat bulan Ramadhan. Itulah buah Tmun Suri. Entah mengapa, buah ini hanya muncul di bulan puasa. Itulah sebabnya sebagian orang menjuluki timun suri sebagai buah bulan puasa.

Berwarna kuning berbentuk lonjong, timun suri biasanya digunakan untuk campuran es buah untuk dinikmati saat berbuka puasa. Padahal sebenarnya timun suri bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah timun suri untuk kesehatan?

Meski bernama timun suri, ternyata buah ini bukan kerabat dari timun. Timun suri justu satu keluarga dengan labu dan melon. Beberapa penelitian menunjukkan buah ini mengandung beragam nustrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti asam linoleat, vitamin A, vitami C, vitamin K, kalium, potasium, dan magnesium.

Itulah sebabnya buah langganan bulan puasa ini bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit, salah satunya penykit alzheimer. Hal ini lantaran timun suri mengandung vitamin K yang berfungsi sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Selain itu timun suri dapat meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian.

Selain itu timun suri juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal efek negatif radikal bebas. Pasalnya timun suri mengandung berbagai zat anti inflamasi seperti vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan. Vitamin C diketahui bermanfaat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan beta karoten bermanfaat untuk menyehatkan mata.

Timun suri juga diketahui mengandung serat dan air yang sangat banyak. Itulah sebabnya timun suri bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Timun suri diketahui dapat menghindarkan tubuh dari penyakit maag atau tukak lambung serta mencegar sembelin atau susah buang air besar.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Scientific World Journal menyebutkan bahwa timun suri dapat melindungi tubuh dari serangan kanker. Pasalnya timun suri mengandung saponin yang dapat membantu mengahalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF