Jatuh Cinta, Mantap Buat Kesehatan
berita

23 June 2019 18:00
Watyutink.com - Salah satu hal terindah dalam kehidupan adalah cinta. Setiap orang pasti pernah merasakan jatuh cinta. Jatuh cinta membuat hati berbunga-bunga, bahkan terkadang membuat seseorang bertingkah konyol sepanjang hari. Meskipun tidak jarang jatuh cinta membuat seseorang sedih dan terluka, tapi jangan pernah berfikir untuk berhenti jatuh cinta. 

Tahukah Anda, bahwa jatuh cinta sangat baik untuk kesehatan tubuh?

Penelitaian membuktikan, bahwa perasaan cinta memang sangat baik untuk kesehatan. Menurut Dr. Helen Reiss, Direktur program Emphaty and Relational Science di Massachusetts General Hospital, bahwa cinta berdampak positif terhadap kesehatan mental dan fisik. Cinta bukanlah obat, namun memiliki efek yang sama. Apabila seseorang jatuh cinta, zat-zat kimia yang muncul bereaksi ke seluruh tubuh.  

Ketika seseorang jatuh cinta, beberapa hormon dalam tubuh seperti dopamin, vasopressin, serotonin, kortisol, dan testosterone berkerja lebih baik. Hormon-hormon tersebut berinteraksi memunculkan perasaan bahagia atas peristiwa-peristiwa yang terjadi, serta menurunkan kadar stress, cemas dan depresi seseorang.

Ketika tingkat stress, cemas, dan depresi seseorang rendah, maka sistem imunitas tubuh akan meningkat, dan kemungkinan terhindar dari penyakit lebih besar.

Berdasarkan studi di Annals of Behavioural Medicine, bahwa perasaan bahagia ketika jatuh cinta, membuat tekanan darah seseorang menjadi stabil. Dalam studi ini juga menunjukan bahwa seseorang yang bahagia dengan pasangan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan yang masih lajang. Hal ini menunjukan, bahwa jatuh cinta dapat meningkatkan kualitas fungsi sistem saraf otonom tubuh yang mengatur kerja jantung. Sehingga disimpulkan, bahwa jatuh cinta juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Selain bagus untuk kesehatan, jatuh cinta juga bagus untuk kecantikan. Penelitian menunjukan, bahwa ketika jatuh cinta tubuh akan memproduksi banyak hormon endorfin yang dapat menurunkan hormon stress. Salah satu efeknya yaitu mencegah timbulnya jerawat, mencerahkan kulit, dan membuat pipi merona. 

Jatuh cinta juga dapat memperpanjang umur seseorang. Penelitian menunjukan, jatuh cinta dengan pasangan mendorong seseorang berperilaku gaya hidup sehat serta menjauhi hal-hal buruk. Hal ini membuat seseorang lebih bahagia dan merasa diperhatikan. 

Begitu banyak manfaat jatuh cinta untuk tubuh, jadi jangan kapok untuk jatuh cinta ya!

(zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?