Jus Daun Pepaya, Pahit Rasanya Segudang Manfaatnya
berita

29 January 2019 17:10
Watyutink.com - Selama ini kita mengenal daun pepaya hanya sebagai lalapan. Bersama daun singkong, daun pepaya ditambah sambal terasi adalah padanan yang paling pas melepas rasa lapar. Apalagi jika ditambah ikan goreng atau bakar.

Tapi tahukah Anda, daun pepaya ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan?

Beberapa penelitian menunjukkan daun pepaya banyak mengandung senyawa phytonutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan kuat sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu daun pepaya juga mengandung senyawa alkaloid, carpaine, pseudocarpaine dan dehydrocarpaine yang mempunyai efek kemo-preventif.

Beberapa senyawa inilah yang membuat daun pepaya dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Membuatnya menjadi jus adalah salah satu cara mengkonsumsi daun pepaya. Manfaat jus daun pepaya antara lain untuk meningkatkan produksi trombosit darah. Mempertahankan jumlah trombosit darah sangat penting, terutama bagi penerita demam berdarah. Pasalnya penyakit ini menyebabkan trombisit turun dalam waktu singkat.

Prof DrAhmad Ansori Mattjik, M.Sc, mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan jus daun papaya adalah salah satu obat alternatif terbaik untuk mengobati penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Selain itu jus daun pepaya juga baik untuk kesehatan hati. Sebab jus daun pepaya mempunyai efek pembersih yang membuat tubuh, terutama hati menjadi sehat. Sehingga terhindar dari penyakit kronis  seperti hepatitis atau sakit kuning, sirosis hati dan kanker hati. Jus daun pepaya juga baik untuk sistem pencernaan. Enzim papain, chymopapain, protease dan amilase yang dikandungnya membantu jus daun pepaya dapat menghancurkan protein dan karbohidrat yang seringkali menyebabkan gangguan pencernaan.

 Jus daun pepaya juga mengandung acerogenin yang dapat mencegah banyak penyakit berbahaya termasuk malaria, demam berdarah, dan kanker. Selain manfaat diatas, jus daun pepaya juga diyakini dapat mengurangi efek peradangan. Bagi perempuan, jus daun pepaya dapat  mengatasi nyeri saat menstruasi.

Cara membuat jus daun pepaya pun sangat mudah. Dua helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain hingga menghasilkan satu sendok makan untuk setiap satu helai daun. Minum secara rutin dua sendok makan setiap hari maka Anda akan mendapatkan manfaatnya. Rasanya memang pahit tapi khasiatnya sangat luar biasa.

Perlu diingat, yang dibuat menjadi jus hanyalah daunnya dan bukan batangnya. Selain itu daun pepaya jangan direbus atau dicuci menggunakan air panas. Dikhawatirkan khasiatnya akan hilang.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi