Kakek dan Nenek Jangan Terlalu Banyak Minum Air Putih, Bisa Bahaya!
berita
Sumber Foto : otcdigest.id
15 February 2019 17:10
Watyutink.com - Selama ini kita sering mendengar anjuran agar memperbanyak minum air putih. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Itulah sebanya jumlah cairan dalam tubuh perlu dijaga. Selain itu banyak minum air putih juga menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Tapi ternyata nasehat itu tidak berlaku untuk orang yang sudah tua. Para orang lanjut usia atau lansia justru  tidak boleh kebanyakan minum air. Pasalnya jika terlalu banyak minum air putih bisa berakibat fatal bagi kesehatannya.

Tahukah Anda, mengapa lansia tidak boleh minum banyak air putih?

Terlalu berlebihan minum air tidak baik untuk lansia sebab ginjal mereka sudah tidak bisa berfungsi seefektif saat masih muda. Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas menyaring cairan yang masuk dalam tubuh. Lantaran ginjalnya sudah tidak bisa berfungsi normal, maka terlalu banyak minum air putih dapat menghilangkan garam elektrolit dalam jumlah besar. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya hiponatremia. Jika dibiarkan, hiponatremia bisa menyebabkan sakit kepala parah akibat penumpukan cairan di jaringan otak.

Selain itu hiponatremia parah juga bisa menyebabkan tulangnya rentan patah. Pada kasus yang lebih berat, lansia bisa mengalami gagal pernapasan hingga jatuh koma. Hal ini akibat terjadinya pembengkakan otak lantaran kadar natrium yang sangat rendah.

Pada kasus yang lebih ringan, penurunan kadar natrium dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak seperti kebingungan, linglung, dan mengantuk.Selain itu dapat juga menyebabkan  mual dan badan lesu lunglai sebagai akibat kelemahan atau kram otot.

Jika demikian, berapa jumlah asupan air putih yang baik bagi para lansia?

Pada umumnya, minum air putih delapan gelas atau setara dengan dua liter sehari sudah mencukupi kebutuhan air seseorang. Namun bagi lansia perhitungannya berbeda.

Pada umumnya, kebutuhan air untuk lansia minimal 1,5 liter sehari. Namun jumlah itu bisa berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin. Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kebutuhan cairan lansia wanita di Indonesia adalah 2,3 liter per hari bagi yang berusia 60 hingga 64 tahun, 1,6 liter bagi usia 65 hingga 80 tahun, dan  1,5 liter bagi yang berusia diatas 80 tahun.

Sedangkan bagi lansia pria kebutuhan asupan air putih adalah 2,6 liter per hari bagi yang berusia 60 hingga 64 tahun, 1,9 liter bagi usia 65 hingga 80 tahun, dan  1,6 liter bagi yang berusia diatas 80 tahun.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

M. Rizal Taufikurahman, Dr.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter             Perkuat Industri Karet, Furnitur, Elektronik Hadapi Resesi             Skala Krisis Mendatang Lebih Besar dari 1998