Kalimantan, Pulau Paling Aman
berita
Sumber Foto : kumparan.com (gie/watyutink.com)
11 October 2018 17:00
Beberapa waktu terakhir, Indonesia kerap dilanda bencana alam. Setelah mengguncang Lombok dan Palu, gempa bumi juga melanda Pulau Madura, Jawa Timur. Selain itu beberapa gunung berapa di Indonesia juga menunjukkan penintkatan aktivitas, seperti Gunung Soputan, Gunung Gamalama, dan Gunung Anak Krakatau. Indonesia memang berada diwilayah rawan bencana karena berada di pertemua tiga lempeng bumi, yaitu Eurasi, Pasific, dan Indo-Australia.

Tapi tahukah Anda, ada satu pulau yang tidak temasuk dalam jalur lempeng bumi, yaitu Pulau Kalimantan. Salah satu pulau terbesar di dunia ini terletak jauh dari lempeng bumi sehingga lebih aman dari potensi gempa bumi. Di Kalimantan pun tidak terdapat gunung berapi sehingga aman dari bahaya gunung meletus.

Maka tidak salah jika dahulu Presiden Soekarno hendak memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya. Salah satunya karena Kalimantan relatif lebih aman dari bencana alam. (ysf)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting