Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi, Simak Penjelasan Berikut Ini
berita
Sumber Foto : hipwee.com
28 May 2021 16:15
Watyuitnk.com - Penggemar kopi tentu tidak ingin melewatkan hari tanpa menikmati minuman kegemarannya. Secangkir kopi akan selalu menemani kapan saja, pagi siang sore bahkan malam hari. Ibarat kata, 'tiada hari tanpa ngopi.'

Namun perlu diingat terlalu banyak minum kopi bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan. Itulah sebabnya konsumsi kopi setiap hari perlu dibatasi. Hal ini membuat orang terkadang harus memilih kapan waktu paling tepat untuk minum kopi

Tahukah Anda, kapan waktu terbaik menikmati secangkir kopi?

Biasanya orang menikmati secangkir kopi hangat dipagi hari. Sebelum bekerja atau aktivitas lainnya, menyruput kopi adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih jika disertai sarapan yang menggugah selera.

Kebiasaan minum kopi dipagi hari diyakini sebagian orang mampu membangkitkan semangat. Kopi dipercaya mempunyai 'energi positif' yang bisa membangkitkan semangat kerja. Tubuh akan terasa segar, mata pun bakal 'melek' dan siap menjalani rutinitas. Itulah sebabnya pagi hari dianggap sebagai waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi 

Ternyata anggapan seperti itu bukan mitos atau sugesti semata. Penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan minum kopi dipagi hari mempunyai manfaat bagi kesehatan. Para ahli menerangkan, manfaat kopi didapat dari kandungan antioksdian di dalamnya. Selain kafein, kopi juga mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan niacin.

Dikutip dari Healthline, manfaat minum kopi di pagi hari antara lain untuk membakar lemak. Kafein dalam kopi diyakini mampu merangsang pemecahan lemak. Asupan kafein dapat mendukung metabolisme dan efektif untuk membakar lemak hingga 11 persen.

Minum kopi dipagi hari juga mampu meningkatkan fungsi otak. Kafein yang terkandung dalam kopi bersifat stimultan yang mampu meningkatkan kerja otak, seperti daya ingat, kewaspadaan, kemampuan merespons sesuatu hingga meningkatkan fokus.

Kopi juga bermanfaat mencegah alzheimer dan parkinson. Kedua penyakit yang kerap menyerang orang tua itu terjadi lantaran kerusakan pada sel saraf pusat yang memicu penurunan daya ingat. Minum kopi mampu menurunkan risiko alzheimer hingga 65 persen dan parkinson 30 hingga 60 persen. Kedua penyakit juga bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup dan makanan sehat, rajin berolahraga dan minum kopi.

Rutin minum kopi juga mampu menurunkan risiko serangan stroke hingga 20 persen. Serangan sakit kepala saat bangun tidur juga bisa dihilangkan dengan rutin minum kopi, terutama kopi hitam tanpa gula.

Organ hati atau liver juga bisa terjaga kesehatannya dengan rutin minum kopi. Beberapa seperti hepatitis dan fatty liver bisa dicegah dengan minum kopi. Minum empat cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko sirosis hati.

Kopi tanpa gula juga sangat baik menjaga tubuh dari pengakit diabetes atau kencing manis. Penyakit ini menyerang lantaran terjadi penurunan hormon insulin. Akibatnya tubuh tidak mampu mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF