Kebiasaan Duduk Menyilangkan Kaki Bisa Timbulkan Masalah Jantung, Tulang, dan Syaraf
berita
Sumber Foto : style.tribunnews.com
02 April 2019 16:30
Watyutink.com – Banyak orang mempunyai kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk. Terkadang hal itu dilakukan tanpa disadari. Beberapa orang beranggapan menyilangankan kaki membuat suasana lebih santai. Namun ada pula yang beranggapan menyilangkan kaki saat duduk membuat penampilan lebih anggun, terutama bagi para wanita.

Tapi tahukah Anda, kebiasaan menyilangkan kaki ternyata bisa mendatangkan masalah kesehatan?

Penelitian dari Blood Pressure Monitoring menyebutkan duduk dengan kaki menyilang, terutama menyilangkan kaki di daerah lutut bisa meningkatkan tekanan darah sistolik sebanyak tujuh persen dan diastolik sebanyak dua persen. Pasalnya posisi kaki yang melintang diyakini dapat mendorong darah lebih banyak ke jantung. Namun para ahli menyebut kondisi ini hanya menimbulkan peningkatan tekanan darah bersifat sementara dan tidak membahayakan jantung.

Vivian Eisenstandt, seorang terapis fisik dari Amerika Serikat (AS) mengatakan kebiasaan menyilangkan kaki bukanlah kebiasaan yang baik. Pasalnya kebiasaan tersebut dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher. Lutut bagian atas akan menekan lutut bagian bawah, sementara panggul berada dalam posisi bengkok yang mengakibatkan salah satu tulang panggul memutar dan memberikan tekanan pada punggung bawah, tengah, hingga ke leher.

Penelitian dari National Health Service, AS, menyebut menyilangkan kaki saat duduk juga dapat mengganggu kestabilan tulang belakang.

Ahli jantung dari Manchester Memorial Hospital, Inggris, dr Stephen T. Sinatra, FACC mengatakan ketika seseorang duduk menyilangkan kaki maka panggul menahan sebelah beban tubuh. Sendi panggul yang tertekan menurut Stephen rentan mengalami penggumpalan darah. Hal ini bisa memicu terjadinya pembengkakan pembuluh darah bawah kaki hingga pembekuan darah.

Kebiasaan menyilangkan kaki juga dapat memberikan tekanan pada saraf peroneal di belakang lutut. Padahal saraf peroneal bertugas mengendalikan sebagian besar sensasi untuk kaki bagian bawah, termasuk jari kaki. Akibatnya, duduk menyilangkan kaki dapat menimbulkan kesemutan atau kram pada kaki, terutama bagian bawah. Jika dibiarkan, dalam waktu lama dapat berdampak buruk pada saraf kaki.

Bagaimanakah posisi duduk yang benar?

Ketika Anda duduk, usahakan kaki dalam kondisi lurus dan tidak menggantung. Sebaiknya, kaki menyentuh lantai agar tidak ada tekanan berlebih di salah satu bagian. Bagi para pekerja kantor yang biasa duduk berlama-lama di kantor, usahakan berjalan setiap satu jam sekali. Berjalan selama lima menit setalah duduk lama sudah cukup memberikan efek baik untuk tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik