Kelengkeng Bisa Cegah Penyakit Jantung dan Kanker Tapi Bahaya Bagi Penderita Diabetes
berita
Buah Kelengkeng/ Net
19 February 2020 17:00
Watyutink.com – Siapa yang tidak suka dengan buah kelengkeng. Rasanya yang manis dan segar bakal membuat siapa pun tertarik mencobanya. Selain rasanya yang lezat, buah kelengkeng ternyata juga baik untuk kesehatan. Pasalnya buah klengkeng memiliki kandungan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan?

Buah kelengkeng mempunyai nama latin dimocarpus longan lour adalah tanaman yang berasal dari Asia. Pasalnya iklim tropis Asia sangat cocok untuk pertumbuhan kelengkeng. Itulah sebabnya buah ini banyak ditemui di negara-negara Asia, seperti China, Vietnam, Indonesia dan Thailand. Selain dimakan langsung, kelengkeng sering digunakan untuk campuran es buah. Rasanya yang manis dan segar akan membuat es buah semakin berasa.

Selain rasanya yang manis, kelengkeng juga dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya dalam buah sebesar kelereng ini tersimpan kandungan nutrisi yang cukup banyak, seperti Serat, air, protein, asam amino, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan tembaga. Kelengkeng juga memiliki kandungan vitamin B dan C.

Kelengkeng juga memiliki kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid yang sangat baik menjaga kebugaran tubuh. Itulah sebabnya kelengkeng berguna bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga berat badan. Pasalnya kelengkeng memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dalam 100 gram kelengkeng hanya terdapat 200 kalori.

Kalori dikenal sebagai faktor penentu berat badan. Mengurangi asupan kalori menjadi kunci berat badang tetap ideal dan terkontrol. Mengansumsi kelengkeng akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Sehingga bisa mengurangi makan dalam jumlah berlebihan dan mencegah kebiasaan ngemil.

Kelengkeng dikenal kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Kedua nutrisi tersebut sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun. Pasalnya vitamin C dan antioksidan dapat membantu kerja sel darah putih menjadi lebih maksimal. Itulah sebabnya mengonsumsi kelengkeng bisa menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit akibat bakteridan virus.

Kandungan antioksidan dalam kelengkeng juga sangat bermanfaat untuk menangkal efek buruk radikal bebas akibat paparan zat racun dan polusi, seperti asap rokok dan kendaraan bermotor serta sinar matahari. Radikal bebas yang menumpuk diketahui bisa memicu berbagai penyakit, baik ringan maupun berat, seperti kardiovaskuler dan kanker.

Kandungan vitamin C dalam kelengkeng juga menjadi nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Paduan antara vitamin C dan antioksidan akan mengurangi peradangan yang memicu kerusakan mata. Selain itu kedua nutrisi itu bisa mencegah penurunan fungsi mata akibat pertambahan usaia atau degenerasi makular. Kelengkeng juga melindungi mata dari katarak.

Sedangkan kandungan kolagen pada kelengkeng bermanfaat menjaga kulit tetap sehat. Kolagen diketahui menjaga kulit tetap lentur dan mencegah penuaan dini. Wajah diyakini terlebih lebih muda dengan mengonsumsi kelengkeng.

Namun perlu diperhatikan, sebaiknya kelengkeng tidak dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya buah ini kaya akan kandungan gula. Hal ini dikhawatirkan memicu kenaikan kadar gula darah yang bisa memperparah penyakit diabetes.

Selain itu sebelum dikonsumsi, pastikan buah kelengkeng sudah dicuci besih. Dikhawatirkan kuman atau zat berbahaya akan masuk dalam tubuh jika kelengkeng dimakan tanpa dicuci terlebih dahulu. Hal yang juga penting adalah pilih buah kelengkeng yang baik kondisinya. Hal itu terlihat dari warnanya yang cerah dan tidak busuk.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)