Kembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Mudik dengan Air Putih dan Minyak Aromaterapi
berita

09 June 2019 17:30
Watyutink.com - Masa libur lebaran sudah usai. Warga kota sudah kembali guna beraktivitas seperti sedia kala.

Namun kadang rasa capek dan pegal setelah bepergian jauh masih terasa. Apalagi bagi Anda yang mudik dengan membawa kendaraan pribadi.

Tahukah Anda, bagaimana caranya agar rasa capek setelah mudik segera hilang?

Hal pertama yang harus dilakukan setelah bepergian jauh adalah istirahat dengan cukup. Perjalanan jauh biasanya membuat orang cepat lelah karena kurang tidur. Sesampai di rumah usahakan istirahat atau tidur enam hingga delapan jam. Hal ini diyakini bisa memperbaharui energi agar tubuh menjadi segar keesokan harinya.

Selain itu usahakan mandi di pagi hari. Pasalnya guyuran air bisa membuat tubuh kembali segar setelah menempuh perjalanan jauh.

Perjalanan jauh terkadang membuat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal ini juga menjadi penyebab tubuh menjadi lelah. Selain itu kekurangan cairan juga mempengaruhi fungsi mental.

Itulah sebabnya setelah menempuh perjalanan jauh,  minumlah cukup air putih untuk menjaga sistem hidrasi atau kecukupan air dalam tubuh. Disarankan minum air dingin yang dapat menghidrasi tubuh lebih cepat.

Pijatan di bebeberapa bagian tubuh diyakini juga bermanfaat menyegarkan tubuh. Pijatan yang tepat dapat memberikan manfaat terutama untuk relaksasi, santai, dan menghilangkan stres. Itulah sebabnya pijatan sebaiknya dilakukan oleh orang yang benar-benar tahu cara memijat dengan baik.

Pijat dapat mempengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls saraf. Selain itu pijat juga bisa melemahkan dan menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses regenerasi atau pemulihan saraf yang cedera, serta mencegah gangguan pembuluh darah dalam hal komunikasi dan suplai.

Ada baiknya setelah menempuh perjalanan jauh, Anda menggunakan aromaterapi. Beberapa jenis minyak aromaterapi seperti peppermint dapat menyegarkan dan mengembalikan energi. Minyak aromaterapi bisa dioleskan pada tubuh dan juga bisa dihirup.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar