Kepedasan? Minumlah Air Hangat!
berita

16 November 2019 09:00
Watyutink.com - Jika mendengar kata cabai pasti yang terlintas dipikiran kita adalah rasa pedas. Banyak orang yang tidak suka atau tidak tahan pedas, tapi bagi sebagian orang yang lain sensasi pedas itu malah menyenangkan. Baik bagi mereka yang suka pedas, apa lagi orang yang  tidak suka atau tidak tahan pedas, ketika rasa pedas sudah tidak tertahan lagi secara naluri akan berusaha minum air untuk menghilangkan rasa pedas itu. Tapi air minum apa yang sebaiknya kita minum, hangat atau dingin?

Tahukah Anda, ternyata air hangat akan menghilangkan rasa pedas lebih cepat dibandingkan air dingin?

Rasa pedas yang kita rasakan ketika makan cabai atau sambal disebabkan karena ada senyawa kimia yang dinamakan Kapsaisin. Kapsaisin ada di dalam bagian putih kenyal (placenta) biji cabai. Jadi bagian cabai yang pedas adalah bijinya.

Ternyata Kapsaisin akan larut di air hangat, sedangkan di air dingin tidak. Karena itu minum air hangat dapat menghilangkan rasa pedas dengan cepat dibandingkan air dingin.

Selain itu, air dingin hanya menyebabkan rasa enak sesaat. Begitu airnya habis malah menyebabkan efek pedasnya makin terasa, karena beda panasnya atau pedasnya rasa cabai jadi bertambah. Sedangkan air hangat selain menyebabkan beda rasa panas atau pedas jadi mengecil, juga dapat merangsang ujung lidah kita mengirimkan sinyal ke syaraf pusat sampai ke otak. Otak akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan zat penghilang rasa sakit (analgesik) secara alami.

Karena itu ketika Anda kepedasan minumlah air hangat, jangan air dingin apalagi air es.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir