Kerap Digunakan Thareq Habibie, Ini Manfaat Penutup Mata Satu Ala Bajak Laut
berita

13 September 2019 16:47
Watyutink.com – Meninggalnya Presiden ketiga Indonesia Baharudin Jusuf (BJ) Habibie masih meninggalkan kesedihan bagi bangsa Indonesia. Pasalnya Habibie dikenal sebagai putra terbaik bangsa yang banyak memberikan sumbangsih dan pemikiran bagi kemajuan bangsa dan negara, terutama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun, ada satu hal yang menarik perhatian publik saat prosesi  pemakaman Habibie, yakni penampilan putra kedua BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie. Pasalnya saat tampil memberikan penjelasan tentang kondisi ayahandanya, Thareq selalu mengenakan penutup mata ala bajak laut.

Meski demikian belum ada keterangan resmi mengapa Thareq selalu menutup mata kanannya. Padahal banyak pihak bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Tahukah Anda, apa fungsi dari penutup mata ala bajak laut semacam itu?

Dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Kedoya, Jakarta, dr Florence Meilani Manurung, SpM mengatakan ada beberapa indikasi mengapa seseorang mengenakan penutup mata. Dr Florence mengemukakan bisa jadi disebabkan kecelakaan, luka pada kelopak mata hingga terjadinya infeksi mata.  

Dr Florence menambahkan bisa juga penutup mata dikenakan karena adanya oklusi mata atau stroke mata, yakni kondisi yang terjadi akibat penyumbatan pembuluh mata di retina. Meski demikian dr Florence enggan berkomentar lebih jauh tentang kemungkinan penyebab putra BJ Habibie tersebut mengenakan penutup mata. Ia berdalih hal itu sudah masuk dalam ranah privasi seseorang.

Sementara itu dari laman wikipedia diperoleh keterangan ada dua alasan seseorang menggunakan penutup mata. Alasan pertama adalah karena seseorang tersebut sedang sakit mata. Alasan kedua adalah sedang menjalani terapi amblyopia.

Terapi ini digunakan untuk mengatasi sindrom mata malas, yakni penyakit yang menyebabkan berkurangnya fungsi penglihatan. Mata malas terjadi akibat otak mengabaikan gambar atau bayangan yang  diterima dari mata.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja