Lidah Buaya, Teh Hitam, dan Cuka Apel, Bahan Alami untuk Atasi Wasir
berita

09 July 2019 17:00
Watyutink.com – Ambeien atau wasir adalah penyakit yang banyak didertia. Penyakit ini membuat aktivitas sehari-hari menjadi kurang nyaman, terutama saat duduk. Pasalnya penderita wasir akan mengalami pembengkakan pada bibir anus. Jika tidak segera diobati, wasir akan menjadi semakin parah dan bisa berakibat fatal.

Itulah sebabnya penderita wasir selalu berusaha menyembuhkan penyakit ini. Umumnya penderita wasir akan menggunakan obat-obatan kimia sebagai upaya penyembuhan. Pada kasus wasir atau ambeien parah, jalan operasi kerap menjadi solusi.

Padahal sebenarnya wasir bisa disembuhkan tanpa obat kimia maupun operasi. Pasalnya penyakit ini dapat disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami atau sering disebut obat-obatan herbal.

Tahukah Anda, bahan alami apa saja yang bisa menyembuhkan wasih?

Wasir atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak.Hal ini terjadi akibat meningkatnya tekanan di rektum atau ujung usus bagian bawah. Penyebab terjadinya tekanan antara lain, mengejan atau ngeden saat buang air besar, duduk terlalu lama, serta kurang minum air putih dan makanan berserat. Selain itu penderita diare dan sembelit juga berisiko terserang wasir.

Untuk itu menyembuhkan wasir, tidak harus menggunakan obat-obatan kimia, beberapa bahan alami bisa digunakan untuk menangkap penyakit ini. Salah satunya adalah cuka apel.  

Caranya oleskan sari cuka apel ke daerah yang tekana wasir secara perlahan. Gunakan kapas yang telah direndam sebelumnya dalam cuka apel. Bisa juga dengan mencampurkan cuka apel dengan air dan menggunakannya untuk membilas bagian anus saat mandi.

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi wasir. Tanaman ini dikenal mengandung zat anti inflamasi. Gel lidah buaya yang sejuk dapat memberikan efek menenangkan dan melemaskan pembuluh darah sekitar anus yang membengkak.

Lidah buaya juga mengandung arakuinon yang mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan. Selain itu arakuinon juga dapat mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan usus.

Bahan berikutnya yang ampuh mengatasi wasir adalah bawang putih. Bahan yang juga bernama allium sativum ini sangat kaya akan kandungan belerang, asam amino, mineral dan beberapa enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Bawang putih juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, serta zat detoksifikasi.

Selain itu bawang putih juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah. Hal ini sangat penting untuk proses penyembuhan ambeien. Caranya sangat mudah, oleskan bawang putih di daerah yang terkena ambeien atau wasir. Bisa juga dengan memakan bawang putih mentah.

Wasir juga bisa disembuhkan menggunakan teh hitam. Kandungan asam tanin dalam teh hitam dipercaya mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat wasir. Caranya, gunakan kantong teh hitam basah untuk mengompres bagian anus yang terserang wasir. Kantong teh hitam sebelumnya direndam menggunakan air hangat. Kompres selama 10 menit dan lakukan dua atau tiga kali dalam sehari.

Cara alami lainnya untuk mengatasi wasir adalah dengan berendam dalam air hangat. Fungsinya untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi sakit akibat wasir. Berendam bisa dilakukan selama sekitar 15 menit. Bisa juga dengan melakukannya setiap setelah buang air besar.

Selain berendam dengan air hangat, cara lain yang juga efektif untuk meredakan rasa sakit akibat wasir adalah menggunakan es batu. Caranya dengan mengompres bagian yang terasa sakit menggunakan es batu selama beberapa menit hingga rasa sakitnya perlahan mereda.

Namun perlu diingat, kedua cara tersebut bukan menyembuhkan melainkan hanya mengredakan gejala dan rasa sakit akibat wasir.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?