Makan Daun Pohpohan Sehatkan Jantung, Ginjal, dan Cegah Hipertensi, tapi Jangan Berlebihan Bisa Ganggu Pencernaan
berita
Daun Pohpohan/ Net
31 December 2020 14:25
Watyutink.com - Daun pohpohan sudah tidak asing lagi bagi sebgaian masyarakat Indonesia. Pasalnya daun pohpohan sudah lazim dikonsumsi sebagai lalapan. Daun  bertekstur kasar ini mirip dengan sirih. Namun daun pohpohan memiliki rasa segar dengan aroma mentol.

Daun pohpohan biasanya hadir bersama sambal terasi. Jika dipadukan dengan nasi hangat dan lauk ikan goreng, dipastikan tidak ada yang tahan godaan mencicipnya.

Ternyata selain enak dimakan, daun pohpoha juga sangat baik untuk kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Daun pohpohan diyakini mampu menjadi obat bagi berbagai jenis penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun pohpohan bagi kesehatan?

Daun pohpohan diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang berguna kesehatan. Nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, kalori, serat dan air. Sedangkan kandungan mineral dalam daun pohpohan adalah fosfor, kalsium, kalium, natrium, seng, zat besi, tembaga, dan beta karoten. Ada juga kandungan vitamin A, B1, B2, B3, C dan E.

Berbagai nutrisi, mineral dan vitamin itulah yang menjadikan daun pohpohan bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Pasalnya daun pohpohan mampu mencegah efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Radikal bebas bisa masuk dalam tubuh melalui asap rokok, polusi udara dan zat polutan atau beracun lainnya

Selain itu kandungan nutrisi dalam daun pohpohan juga berguna meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Rutin mengonsumsi daun pohpohan akan menjadikan tubuh lebih tahan dari serangan penyakit.

Dalam sebuah tulisan di Jurnal of Food Science and Nutrition yang dipublikasikan pada 2016, disebutkan bahwa daun pohpohan memiliki kandungan mineral potasium yang cukup tinggi. Itulah sebabnya daun yang mempunyai nama ilmiah Pilea melastomoides ini bermanfaat untuk mencegah kekurangan cairan atau dehidrasi.

Kondisi kekurangan cairan diyakini dapat memicu terjadinya gangguan jantung dan ginjal. Itulah sebabnya daun pohpoham diyakini dapat membantu menyehatkan kedua organ penting tersebut.

Daun pohpohan juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Kandungan mineral kalsium yang dimiliki daun pohpohan dapat melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu kalsium juga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Bagi ibu-ibu dan remaja wanita, daun pohpohan bisa membantu mengatasi nyeri saat datang bulan atau haid. Hal itu akibay kandungan kalsium dalam daun pohpohan. Itulah sebabnya, para wanita dianjurkan rutin mengonsumsi lalapan daun pohpohan, terutama saat haid.

Daun pohpohan juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Itulah sebabnya mengonsumsi daun pohpohan dapat menghindarkan seseorang dari penyakit serangan darah tinggi atau hipertensi.

Daun pohpohan juga kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan. Itulah sebabnya daun pohpohan bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Sifatnya yang moisturize dapat mencegah kulit kering dan kusam

Kandungan vitamin A dalam daun pohpohan menjadikannya berguna untuk kesehatan mata.

Meski baik untuk kesehatan, disarankan daun pohpohan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Pasalnya daun pohpohan mempunyai kadar asam yang cukup tinggi. Konsumsi secara berlebihan berisiko menyebabkan gangguan lambung seperti maag dan asam lambung. Selain itu komsumsi berlebihan juga bisa memicu diare dan buang air besar (BAB) berdarah.

Sebaiknya daun pohpohan dikonsumsi dalam jumlah wajar. Selain lebih sehat, konsumsi dalam jumlah wajar juga lebih nikmat.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI