Makan Mangga dengan Kulitnya, Sehatkan Pencernaan, Jantung, dan Cegah Kanker
berita

15 January 2020 16:20
Watyutink.com – Siapa yang tidak suka buah mangga. Meski ada beberapa jenis yang berasa asam, tapi sebagian besar buah mangga berasa manis dan segar terutama yang sudah benar-benar matang. Selain enak dimakan, buah manggan juga baik untuk kesehatan. Pasalnya buah dengan daging berwarna kuning segar ini banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.

Ternyata selain daging buahnya, kulit mangga pun banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Itulah sebabnya kulit mangga juga bisa dikonsumsi untuk menambah kebugaran.

Tahukah Anda, apa saja manfaat mengonsumsi kulit mangga?

Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan fakta kulit mangga kaya akan kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa tersebut antara lain polifenol, karotenoid, serat, vitamin C, dan beberapa zat lainnya. Polifenol, karotenoid, dan vitamin C diketahui mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu senyawa tersebut juga dapat mengurangi risiko serangan kanker dan penurunan fungsi kognitif otak.

Selain itu kulit mangga juga kaya akan kandungan antioksidan dan antikanker. Bahkan kadungan sifat tersebut pada kulit mangga lebih besar dibandingkan dagingnya. Kulit mangga juga memiliki kandungan triterpen dan triterpenoid yang dapat melindungi tubuh dari risiko terserang penyakit kanker dan diabetes atau kencing manis.

Kulit mangga juga baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Pasalnya kulit mangga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Selain menyeharkan pencernaan, serat juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Itulah sebabnya bagi orang yang sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan, mengonsumsi kulit mangga bisa menjadi alternatif.

Untuk mengonsumsi kulit mangga Anda bisa memakan mangga tanpa mengupasnya. Memakan kulit mangga langsung dengan dagingnya akan menjadikan rasa pahit sedikit tersamarkan. Bisa juga dengan mencampurkan kulit mangga pada buah atau sayuran agar rasanya lebih enak. Namun, jangan lupa mencuci kulit mangga terlebih dahulu dengan air dan pembersih khusus buah dan sayuran.

Meski memliki beragam manfaat, mengonsumsi kulit mangga juga memiliki beberapa efek samping, seperti alergi. Efek samping ini seringkali menimbulkan ruam dan gatal di kulit. Hal ini lantaran kulit mangga juga mengandung urushiol, zat organik yang juga ditemukan di tanaman semak. Selain itu kulit mangga mempunyai rasa yang agak pahit.

Risiko lainnya adalah kemungkinan paparan residu pestisida yang sering digunakan di perkebunan buah-buahan. Beberapa jenis pestisida tidak bisa dihilangkan hanya dengan mencucinya menggunakan air. Padahal jenis pestisida tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Itulah sebabnya mengupas kulit mangga adalah cara yang paling efektif menghindari efek buruk pestisida.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)