Mandi Malam, Kesegaran yang Memicu Penyakit
berita

16 December 2018 18:00
Watyutink.com - Saat pulang kerja atau beraktivitas, kebanyakan orang langsung mandi. Selain untuk membersihkan tubuh, mandi selepas beraktivitas dapat mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh. 

Tapi tahukah Anda, mandi saat malam hari ternyata tidak baik bagi tubuh kita? 

Berbagai kesibukan kadang membuat kita pulang saat hari sudah malam bahkan larut malam. Keinginan untuk memberiskan dan menyeharkan tubuh membuat kita memilih untuk mandi meskipun hari sudah malam. 

Para pakar kesehatan menyebutkan kebiasaan mandi terlalu malam ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan masalah pada pernafasan seperti batuk, paru-paru basah dan masalah pernafasan lainnya.

Kerap mandi malam juga dapat menyebabkan nyeri pada persendian dan meningkatkan resiko asam urat, terutama jika menggunakan air dingin. Selain itu mandi malam juga memicu demam. Pasalnya mandi malam dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga lebih rentan terkena virus. 

Mandi malam hari juga bisa memicu gangguan metabolisme tubuh. Akibatnya proses metabolisme lemak jadi tidak lancar. Sehingga menyebabkan penuaan dini dan kulit keriput.

Jadi sebaiknya jangan biasakan mandi malam hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting