Manfaat Bawang Putih Selain Penyedap Rasa
berita
pixabay.com
05 July 2019 10:30
Watyutink.com - Bawang putih selalu kita temui dalam berbagai masakan di Indonesia, baik masakan rumah hingga restoran. Selain menambah cita rasa ternyata bawang putih dapat dimanfaatkan untuk kegunaan lainnya, misalnya untuk kencantikan dan kesehatan. Jika anda tidak terlalu suka dengan bau bawang putih mungkin bisa mensiasatinya dengan berbagai trik, namun jangan lupa ada sejuta manfaat lain terkandung dalam sebiji bawang putih.

Tahukah Anda, bawang putih bermanfaat untuk kecantikan hingga kesehatan?

Anda tentu pernah menonton drama Korea atau film lainnya yang mengisahkan bagaimana seorang penderita alzheimer berjuang keras untuk hidupnya. Ternyata bawang putih bisa loh mencegah terjadinya alzheimer ini. Bawang putih yang bekerja mencegah kerusakan syaraf atau sebagai antioksidan menangkal radikal bebas dengan cara meningkatkan enzim antibodi manusia. Nah selain itu, bawang putih masih berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menurunkan tingkat kolesterol. Meski terlihat sepele, mencegah tentu lebih baik daripada mengobat akibatnya. Bawang putih bekerja dengan mengaktifkan enzim antioksidan yang mendukung perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Masih untuk kesehatan, ternyata bawang putih bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Kandungan anti virus pada bawang putih dapat membantu membunuh bakteri yang ada pada gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang berfungsi untuk mengatasi rasa sakit pada gigi anda.

Ditambah lagi, bawang putih dapat memicu peningkatan metabolisme zata besi pada tubuh. Bawang putih ternyata ampuh untuk mendorong metabolisme zata besi dengan memicu produksi protein sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan, bawang putih bisa jadi pilihan. Bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh manusia. Kegemukan atau obesitas terjadi karena tubuh terus membentuk sel lemak, maka bawang putih membantu tubuh untuk mengurai sel lemak pada badan anda sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Zat vinyldithiin yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan naik terus.

Ternyata bawang putih juga berguna untuk kesehatan otak anda. Universitas Missouri membuktikan bahwa kandungan kabrohidrat pada bawnag putih yaitu Fru Arg, berperan untuk melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit. Jadi selain mencegah timbulnya penyakit neurologis seperti dimensia dan alzheimer yang telah disebutkan diatas, bawang putih dapat menjaga anda tetap awet muda.

Bagi kecantikan bawang putih berguna selain sebagai anti aging juga bisa menyembuhkan dan mencegah jerawat tumbuh lagi. Kandungan allicin pada bawang putih mampu mencegah bakteri dan bertindak sebagai antiseptik sekaligus antivirus yang mampu membunuh kuman pada jerawat. Sifat pada allicin mampun meredakan pembengkakan pada kulit dan meingkatkan sirkulasi darah pada kulit anda. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada bawang putih membantu membasmi jerawat. Vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebihan.

Sederhana bukan? Hanya dengan sesiung bawang putih anda akan merasakan manfaat yang begitu besar tanpa batas. Jadi jangan remehkan ya kegunaan bawang kecil di dapur anda.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir