Manfaat Dalam Sayur Oyong atau Gambas, Dapat Menyehatkan Jantung, Mata, dan Mencegah Diabetes
berita

30 April 2019 17:00
Watyutink.com –  Salah satu tanaman yang sering diolah menjadi  bahan makanan adalah oyong. Tanaman yang sekilas mirip timun dan pare ini memang mudah ditemui di pasar. Umumnya sayuran yang juga bernama gambas ini diolah menjadi sayur bening.

Ternyata selain bisa menjadi makanan yang nikmat dan segar, oyong juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat oyong atau gambas bagi kesehatan?

Oyong juga dikenal dengan nama langkir. Nama ilmiahnya adalah luffa acutangula, adalah tanaman yang tumbuh secara merambat dan dikenal mudah ditanam. Sejak lama oyong dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Pasalnya oyong mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Selain itu gambas memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, B1, B2, B5, B6, mangan, kalium, magnesium, zat besi, fosfor, dan tembaga.

Banyaknya kandungan nutrisi tersebut membuat oyong mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah meredakan penyakit asma. Mengkonsumsi oyong secara rutin dapat mengurangi gejala penyakit asma seperti nafas berat dan pendek serta sesak nafas.

Untuk mendapat manfaat tersebut, caranya cukup mudah.  Ambil beberapa oyong yang masih muda, cuci hingga bersih. Blender hingga menjadi jus. Bisa juga ditambahkan gula atau madu untuk menambah rasa. Minum secara rutin dua kali sehari untuk mendapat hasil yang optimal.

Oyong juga mampu melancarkan peredaran darah. Pasalnya oyong dikenal mengandung vitamin B6 yang membantu produksi hemoglobin dalam darah. Hal ini dapat menghindarkan tubuh dari anemia atau kurang darah.

Itulah sebabnya mengkonsumsi oyong diyakini mempunyai manfaat yang sama dengan minum multivitamin atau suplemen.

Cara mendapatkan manfaatnya sangat mudah. Cukup dengan mengolah oyong menjadi sayur bening dan digunakan sebagai menu makan harian. Bisa juga ditambahkan jamur kuping serta bumbu-bumbu lainnya.

Oyong juga mempunyai manfaat untuk menyehatkan jantung. Pasalnya oyong atau gambas diketahui mengandung vitamin B5 yang dapat mengurangi kolestreol jahat dan trigliserida. Keduanya adalah zat yang berperan besar dalam meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sedangkan kandungan mangan yang ada dalam gambas dipercaya mampu mencegah penyakit diabetes. Mangan diketahui dapat membantu sekresi insulin, meningkatkan fungsi mitokondria, dan mengurangi peroksidasi lipid. Selain itu mangan dapat membantu produksi enzim pencernaan yang berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh.

Oyong juga dapat mencegah kita terkena penyakit mata. Hal ini lantaran oyong mengandung vitamin A yang dapat mencegah degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Penelitian yang dilakukan National Eye Institute menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin A, vitamin E, vitamin C, tembaga dan seng dapat penurunan risiko degenerasi makula sebesar 25 persen.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter