Manfaat Durian bagi Kesehatan
berita
.
25 November 2018 14:30
Anda suka makan durian? Buahnya yang lembut dan rasanya yang lezat menjadikan buah ini sangat digemari. Tak heran buah ini dijuluki King of Fruit atau rajanya buah-buahan. Namun tak sedikit pula yang tidak menyukainya. Aromanya yang sangat kuat menjadi alasan beberapa orang justru menjauhi durian. 

Tahukah Anda, buah durian ternyata mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Dalam 100 gram durian terkandung 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak. Selain itu terdapat vitamin A sebanyak 44 mg vitamin A, 20 mg vitamin C, 30 mg magnesium, 39 mg fosfor dan mineral lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat durian yang baik untuk kesehatan.

Antioksidan di dalam durian berfungsi melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Sedangkan serat dalam durian dapat menurunkan kadar kolesterol, baik untuk peredaran darah dan jantung.

Durian juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.

Namun meski mengandung manfaat, sebaiknya durian jangan dikonsumsi secara berlebihan. Sebab bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut yang berakibat kembung, muntah, dan bahkan diare.

Bagi penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi durian. Kadar gula yang tinggi dalam durian berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah.  Bagi ibu hamil dan menyusui pun dianjurkan tidak mengkonsimsi buah ini. 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting