Manfaat Jagung Bagi Kesehatan
berita
pixabay.com
23 July 2019 15:00
Watyutink.com - Jagung bisa dikatakan salah satu makanan tradisional yang pokok. Zaman dahulu, nenek moyang kita memakan jagung dengan berbagai variasi, ada yang dicampur dengan beras lalu disebut dengan nasi jagung, ada juga yang memakannya setelah dihaluskan seperti tepung kasar kemudian dimasak bersama ubi. Setiap daerah memiliki kreativitas tersendiri mengenai pengolahan jagung ini, inilah salah satu kekayaan budaya kita.

Menarik ketika ditelisik lebih jauh ternyata jagung bukan saja enak dan mengenyangkan sehingga tak jarang menjadi pilihan makanan bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan karena mengandung karbohidrat kompleks. Jagung memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh Anda.

Tahukah Anda, apa saja manfaat jagung bagi kesehatan?

Menjaga kesehatan pencernaan.

Jagung ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam jagung manis yang tinggi dapat membantu mencegah terjadinya wasir dan juga sembelit. Dengan demikian, mengkonsumsi jagung manis baik bagi kesehatan pencernaan dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari terjadinya penyakit wasir dan juga sembelit. Karena kaya akan serat, jagung dapat menyerap kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu rajin mengonsumsi jagung juga dapat melancarkan metabolisme tubuh.

Jagung mencegah anemia.

Kabar baik bagi anda yang menderita anemia maka perbanyaklah makan jagung. Jagung mengandung Vitamin B12, asam folat dan zat besi yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam tubuh. Dengan memperbanyak konsumsi jagung maka sel darah merah akan anda semakin sehat dan terbebas dari anemia.

Mengontrol kolesterol.

Jagung dapat digunakan sebagai menu utama diet bagi penderita diabetes. Hal ini karena jagung memiliki kandungan karotenoid, dan bioflavonoid yang dapat menyerap dan mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan dalam jagung akan membantukan tubuh untuk mengendalikan kolesterol jahat sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Diketahui bahwa asam folat penting bagi kesuburan wanita. Nah, jagung mengandung asam folat yang bisa membantu wanita meningkatkan kesuburan. Asam folat ini bisa membantu anda yang sedang melakukan program kehamilan. Jagung yang diolah dengan cara direbus mampu menjaga kandungan asam folat dalam jagung manis dan meningkatkan kesuburan wanita.

Menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

Selain untuk meningkatkan kesuburan pada wanita, kandungan asam folat pada jagung membantu menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Nutrisi yang terkandung dalam jagung manis juga dapat memantu mencegah terjadinya cacat pada bayi. Nutrisi pada jagung manis juga dapat membantu mencegah terjadinya hidrosefalus pada bayi. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B yang berfungsi untuk membantu dan mempengaruhi kesehatan sistem syaraf dan juga tulang belakang pada bayi.

Menjaga kesehatan Ibu hamil.

Masih seputar kesehatan reproduksi, kandungan mineral dalam jagung perlu bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Kesehatan ibu hamil harus selalu diperhatikan, dan harus diberikan asupan mineral yang cukup agar kesehatan tulang dan juga kesehatan ginjal pada ibu hamil tetap terjaga. Ibu hamil yang mengkonsumsi jagung manis juga akan terhindar dari anemia.

Manfaat jagung sudah jelas sangat banyak dan tentunya sesuai dengan kebutuhan manusia. Jangan lupa ya mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan Anda.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar