Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Sehatkan Usus, Cegah Kanker dan Wasir
berita
Jus alpukat dan kopi. Sumber Foto : tastemade.com
08 December 2021 16:15
Watyutink.com – Selama ini kopi diyakini mampu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan fungsi otak. Hal ini lantaran kopi memiliki kandungan kafein yang dipercaya membuat peminumnya lebih bersemangat dalam beraktivitas. Bagi mereka yang terpaksa bekerja malam hari, kopi diyakini bisa membuat mata ‘melek’ dan tahan terjaga hingga pagi.

Kopi juga diketahui memiliki kandungan nutrisi seperti  nutrisi yang berguna bagi tubuh, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan niacin. Nutrisi tersebut menjadikan kopi bermanfaat melindungi tubuh dari gangguan kesehatan seperti stroke, alzheimer, dan masalah fungsi otak lainnya.

Ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan otak, kopi juga berguna menjaga fungsi pencernaan. Salah satunya menjaga kesehatan usus besar atau colon. Rutin mengonsumsi kopi diyakini menjadikan usus lebih bersih dan berakibat kerja sistem pencernaan lebih baik.

Tahukah Anda bagaimana kopi bisa berguna membersihkan usus besar?

Usus besar atau colon mempunyai fungis yang sangat penting. Pasalnya di organ tubuh inilah proses pencernaan makanan dilakukan. Selain untuk mencerna, usus besar juga bertugas, menyerap nutrisi dan air yang dibutuhkan tubuh. Usus besar juga bertugas melakukan sintesis berbagai vitamin serta melindungi tubuh dari berbagai bakteri yang membahayakan dan menyebabkan penyakit.

Colon juga berfungsi mengolah sisa makanan dan minuman dengan bantuan bakteri baik. Sisa atau sampah hasil pencernaan akan diubah menjadi padat dan selanjutkan dikeluarkan dalam bentuk tinja. Colon juga berfungsi menyerap zat empedu yang tersisa dari proses pencernaan. Sebenarnya sisa proses pencernaan akan diserap oleh usus kecil, namun sisa-sisa empedu yang masih terdapat pada makanan yang telah dicerna akan diserap kembali oleh usus besar.

Usus besar yang tidak dijaga kebersihannya berisiko menimbulkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan seperti diare hingga penyakit kronis seperti kanker. Selain itu colon yang kotor juga bisa memicu peradangan yang menjadi penyebab infeksi dan wasir.

Untuk membersihkan usus tidak harus menggunakan obat-obatan kimia buatan pabrik. Pasalnya usus bisa dijaga kesehatan dan kebersihannya menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan menggunakan bubuk kopi. Para ahli menyebut bahan minuman berwarna hitam ini kaya akan kandungan antioksidan yang berguna mencegah dan menghambat kerusakan sel dalam tubuh.

Kandungan antioksidan pada kopi bahkan lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pada buah dan sayur-sayuran. Kandungan antioksidan dalam kopi juga bermanfaat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, penyebab beraneka macam penyakit kronis, termasuk kanker. Namun nutrisi dan vitamin itu akan terasa manfaatnya jika kopi dinikmati tanpa gula atau susu.

Namun untuk bisa menjaga kesehatan usus besar, kopi tidak bisa dikonsumsi sendirian melainkan dipadukan dengan bahan alami lain, yakni buah alpukat. Buah yang sering dijadikan jus ini diketahui mengandung vitamin A, B2, B3, B5, B6, E, dan K. Selain itu alpukat memiliki kandungan mineral, seperti folat, potasium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, zink, dan fosfor.

Alpukat juga kaya akan kandungan serat. Nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, terutama usus. Aplukat juga mencegah munculnya polip yang mengganggu kerja usus. Kandungan serat dalam aplukat juga melindungi usus dari serangan kanker. Data dari European Prospective Investigation of Cancer and Nutrition (EPIC) menyatakan orang yang kekurangan serat memiliki resiko terkena kanker usus hingga 40 persen.

Alpukat tidak mengandung kolesterol atau sodium sama sekali, dan rendah kandungan lemak jenuhnya. Alpukat juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu penyakit kronis, termasuk kanker.

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam unggahan di akun instagramnya membagi resep membuat jus alpukat untuk membersihkan atau detox usus. Bahan yang perlu disiapkan, satu buah alpukat ukuran sedang, setengah sendok makan kopi bubuk tanpa gula dan dua sendok makan madu murni.

Blender semua bahan itu dengan air secukupnya. Setelah benar-benar halus dan tercampur dengan sempurna tuang dalam gelas dan siap dinikmati. Minum jus alpukat tersebut sebelum makan. Lakukan dengan rutin. Pencernaan akan lebih sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF