Manfaat Kulit Pisang, Bisa Mempercantik Wajah dan Menghilangkan Sakit Kepala
berita

02 February 2019 16:35
Watyutink.com - Jangan buang kulit pisang sembarangan sebab bisa membuat orang terpeleset dan jatuh. Itulah nasehat yang sering kita dengar. Akibatnya, kita sering menganggap kulit pisang adalah sampah yang tidak berguna. Padahal kulit pisang mempunyai banyak khasiat dan kegunaan bagi tubuh manusia. 

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit pisang? 

Manfaat yang dimiliki buah pisang ternyata bukan hanya dagingnya tapi juga kulitnya. Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan kulit pisang mengandung vitamin C, E, kalium, seng, zar besi dan mangan.

Kandungan vitamin C yang dimiliki kulit pisang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengurangi keriput dan kerutan di wajah. Gosokkan kulit pisang di area sekitar wajah yang berkerut sebelum tidur. Biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air. Ulangi sebanyak tiga kali. Jika rutin dilakukan wajah akan menjadi lebih elastis dan kencang. 

Mineral kalium, seng, zat besi dan mangan yang ada dalam kulit pisang adalah nutrisi yang baik bagi kulit. Selain itu kulit pisang mengandung lutein dan karotenoid, zat yang dapat mengatasi peradangan kulit dan mengurangi jerawat. Usapkan kulit pisang pada kulit yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit lalu cuci dengan air sampai bersih. Lakukan dua kali dalam sehari.

Kulit pisang matang sangat kaya potasium yang dapat membantu mengurangi noda kuning pada gigi akibat mengkonsumsi teh, kopi, atau minuman lainnya. 

Caranya, sikat gigi seperti biasa. Setelah berkumur dan sisa pasta giginya hilang, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi dan bersihkan. Lalu, sikat gigi sekali lagi seperti biasa. Jika rutin dilakukan gigi akan terlihat lebih putih. 

Kulit pisang juga mengandung asam lemak teresterifikasi yang merupakan salah satu komponen dari lotion untuk menyamarkan bekas luka. Itulah sebabnya kulit pisang dapat mengurangi iritasi kulit seperti pembengkakan, dan kulit kemerah-merahan. Selain itu kulit pisang juga bisa menyamarkan bekas luka dan jerawat. Tempelkan kulit pisang di area kulit yang mengalami iritasi. Diamkan selama satu jam. Lakukan tiap hari hingga tanda-tanda iritasi, bekas luka atau jerawat hilang. 

Kandungan kalium dalam kulit pisang ternyata mampu meredakan migrain dan sakit kepala. Caranya, simpan kulit pisang dalam freezer selama satu jam. Tempelkan kulit pisang tersebut pada bagian dahi dan leher masing-masing satu helai. Biarkan hingga kedua bagian tubuh tadi terasa hangat. Ulangi beberapa kali menggunakan kulit pisang lain. 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi