Manfaat Kulit Rambutan, Sembuhkan Sariawan, Diare dan Jaga Kesehatan Jantung
berita

10 January 2020 17:00
Watyutink.com – Rambutan adalah salah satu buah yang sangat digemari. Rasanya yang manis segar membuat setiap orang pasti suka mengonsumsi  buah ini. Dagingnya yang kenyal juga sangat mengundang selera.

Selain nikmat dan segar, buah rambutan juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Pasalnya rambutan diketahui mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Ternyata selain dagingnya, kulit buah rambutan juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit rambutan bagi kesehatan?

Manfaat pertama dari kulit rambutan adalah sebagai obat sariawan. Penyakit yang menyerang mulut ini biasanya disebabkan kekurangan vitamin C. Sariawan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari lantaran mulut akan terasa perih dan tidak enak makan.

Kulit rambutan bisa menjadi alternatif obat yang cukup ampuh. Caranya, ambil lima hingga delapan kulit rambutan lalu besihkan dari getah yang menempel. Potong menjadi beberaapa bagian dan rebus dengan 100 mililiter air. Setelah mendidih angkat dan biarkan hingga dingin. Saring air rebusan kulit rambutan tersebut dan gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin sebelum tidur hingga sariawan sembuh.

Kulit rambutan juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti diare. Caranya cukup mudah, ambil lima hingga 10 kulit rambutan. Cuci hingga bersih dan haluskan dengan cara diblender. Tambahkan susu atau madu untuk menambah rasa. Minum jus kulit rambutan secara rutin hingga diare sembuh.

Bagi Anda yang sangat menjaga penampilan, kulit rambutan bisa menjadi pilihan. Pasalnya kulit buah berambut itu bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini dan menjaga wajah dari kerutan. Caranya sangat sederhana, yakni dengan secara rutin meminum air rebusan kulit rambutan.

Air rebusan kulit rambutan juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya air rebusan kulit rambutan diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Padahal peningkatan kadar kolesterol kerap dikaitkan dengan gangguan fungsi jantung dan serangan stroke.

Selain itu minum air rebusan kulit rambutan juga berguna meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)