Manfaat Tak Terduga Daun Bawang, Sehatkan Jantung, Pencernaan, Cegah Diabetes dan Anemia
berita
Daun Bawang
20 December 2020 17:20
Watyutink.com - Penggunaan daun bawang untuk makanan sudah sangat lazim dilakukan. Makanan seperti martabak, telur dadar, mie ayam atau bakso kerap ditambahkan daun bawang guna melezatkan dan menambah selera. Selain itu pada beberapa jenis masakan, pemberian daun bawang juga untuk memperindah tampilan masakan.

Meski sudah banyak digunakan, masih sedikit orang yang mengetahui manfaat daun bawang. Padahal sayuran ini sangat baik untuk kesehatan. Daun bawang dikenal kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun  bawang bagi kesehatan?

Seperti juga bahan-bahan masakan lainnya, daun bawang juga sering digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh. Pasalnya berbagai zat yang terkandung dalam daun bawang diyakini bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya adalah kandungan senyawa cycloaliin yang dapat menjaga kesehatan jantung. Senyawa cycloaliin dapat membantu mengencerkan darah, sehingga mencegah penyakit jantung seperti aterosklerosis atau penumpukan plak pada pembuluh darah. Jika pembuluh darah bersih dari plak, aliran darah akan menjadi lancar. Hal inilah yang membuat fungsi jantung menjadi semakin baik.

Daun bawang juga kaya akan asam folat. Seperti diketahui asam folat sangat dibutuhkan, terutama bagi ibu hamil. Kandungan asam folat akan membuat perkembangan janin semakin baik. Itulah sebabnya bagi ibu hamil tidak ada salahnya menambahkan daun bawang dalam menu makan sehari-hari.

Daun bawang juga banyak mengandung serat. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi daun bawang bisa membantu menyehatkan pencernaan. Bagi Anda yang punya masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar, daun bawang bisa menjadi obat alternatif menyembuhkannya.

Daun bawang juga bisa mencegah anemia atau kurang darah. Daun bawang adalah salah satu sumber zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi daun bawang bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin. Selain itu juga bisa memperkuat jaringan di tubuh.

Bagi penderita diabetes, daun bawang bisa digunakan untuk menjaga kadar gula darah. Pasalnya kandungan phyto-kimia pada daun bawang, yakni allium dan alil disulfida bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Kandungan tersebut memiliki sifat antidiabetes karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

Bagi Anda yang suka makanan atau minuman manis, imbangi dengan mengonsumsi daun bawang agar kandungan gula dalam darah terjaga.

Daun bawang juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit akibat radikal bebas. Kandungan quercetin dan kemferfol akan membuat tubuh terjaga kondisi kesehatannya dan lebih bugar.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun bawang caranya dengan menjadikannya campuran aneka menu masakan. Daun bawang juga bisa diolah menjadi salad yang diyakini akan membuat hidangan terasa lebiu lezat.

Daun bawang juga bisa dimakan secara langsung dalam kondisi mentah. Cara ini diyakini aman lantaran daun bawang tidak memiliki efek samping apa pun. Namun cara ini terasa kurang enak. Sehingga mencampurkan daun bawang ke dalam masakan bisa menjadi cara terbaik. 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI