Manfaat Tak Terduga Daun Singkong, Sehatkan Mata, Pencernaan, Cegah Anemia dan Kwashiorkor
berita
Daun Singkong/ Net
03 January 2021 16:30
Watyutink.com - Salah satu lalapan yang banyak dikonsumsi adalah daun singkong. Lalapan ini kadang juga dimasak menjadi berbagai menu masakan. 

Meski sangat populer, masih banyak orang yang tidak tahu manfaat yang terkandung dalam daun singkong. Padahal ternyata daun singkong sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini lantaran daun singkong kaya akan kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun singkong bagi kesehatan?

Kandungan gizi mikro dan makro dalam daun singkong sangat beragam. Zat gizi makro yang ada pada daun singkong antara lain serat, karbohidrat, dan protein. Sedangkan zat gizi mikro yang terkandung adalah kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, seng, magnesium, dan mangan. Daun singkong juga memiliki kandungan 
vitamin A, B1, dan C. 

Daun singkong tergolong sayuran berprotein tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan sayur bayam. Itulah sebabnya daun singkong sangat baik untuk mencegah kwashiorkor, yakni penyakit yang muncul akibat kekurangan protein. 

Kwashiorkor sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak. Pasalnya dalam usia pertumbuhan anak-anak sangat membutuhkan asupan protein. Kwashiorkor bisa menghambat pertumbuhan anak.

Protein dalam daun singkong dibutuhkan menggantikan protein yang hilang lewat rambut, kulit, dan jaringan tubuh.
Kandungan protein pada daun singkong diyakini dapat membantu produksi hormon dan enzim yang dibutuhkan tubuh.

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu daun singkong makanan tinggi serat. Kandungan serat berguna untuk penyerapan air dan memperlancar pencernaan. Daun singkong juga berguna mengatasi diare. Namun sangat disarankan diimbangi dengan banyak minum air putih. 

Daun singkong juga berguna mengatasi stroke. Pasalnya daun singkong memiliki kandungan isoflavon. Senyawa isoflavon termasuk jenis flavonoid. Zat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Padahal LDL adalah faktor utama penyebab stroke. 

Daun singkong juga berguna bagi kesehatan mata. Pasalnya daun singkong memiliki kandungan vitamin A. Konsumsi daun singkong bisa membuat penglihatan yang kabur menjadi lebih jelas. 

Daun singkong juga sangat baik untuk mencegah anemia atau kurang darah. Hal ini lantaran daun singkong memiliki kandungan folat dan vitamin C. Manfaat ini juga sangat baik bagi ibu hamil yang sangat membutuhkan kedua nutrisi tersebut.n

Meski banyak mengandung manfaat, namun tidak disarankan mengonsumsi daun singkong mentah. Sebab, akar dan daun singkong mentah memiliki kandungan sianida yang berbahaya bagi tubuh. Jika merasakan gejala alergi atau keracunan setelah mengonsumsi daun singkong, segera hubungi dokter

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI