Mengapa Kita Bisa Kesetrum?
berita
Sumber Foto : twitter.com
17 December 2018 17:00
Watyutink.com - Sesuatu yang paling ditakuti saat mengutak-atik peralatan listrik adalah tersengat arus listrik atau kesetrum. Itulah sebabnya saat bekerja atau beraktivitas dengan arus listrik kita dianjurkan menggunakan alat pengaman diri seperti sarung tangan dan sepatu karet. Dan pastikan alat pengaman tersebut dalam kondisi kering atau tidak basah.

Tahukah Anda, apa itu kesetrum dan mengapa berbahaya bagi tubuh manusia?

Kesetrum adalah kondisi dimana terdapat sejumlah aliran listrik yang mengalir dalam tubuh manusia. Seperti diketahui sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan yang merupakan konduktor atau penghantar listrik yang baik.

Arus listrik mengalir dari tegangan tinggi menuju tegangan rendah. Pada saat kesetrum, sebenarnya tubuh kita sedang menjadi penghubung antara tegangan tinggi yaitu peralatan listrik dan tegangan rendah, yakni tanah atau ground.

Kesetrum berbahaya karena arus listrik yang mengalir dalam tubuh manusia menghasilkan panas yang dapat membakar jaringan dan menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh, terutama jantung, otot, dan otak. Selain itu kesetrum dapat pula menyebabkan kejang otot, nafas berhenti, denyut jantung tidak teratur, luka bakar tingkat tiga, dan yang terburuk adalah kematian.

Selain luka bakar, saat kesetrum tubuh bisa terlempar akibat kekuatan kontraksi otot yang kuat. Sehingga kesetrum juga berpotensi menyebabkan cedera tulang belakang dan patah tulang.

Saat seseorang tersengat aliran listrik, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah melepaskannya dari arus listrik. Jika korban masih terhubung dengan kabel, matikan listrik atau putuskan kontak dengan kabel. Jika diperlukan berikan pernafasan buatan atau pijatan di area sekitar jantung.

Segera bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi