Merokok Pagi Hari Risiko Terkena Kanker Lebih Tinggi
berita
Sumber Foto : youtube.com (gie/watyutink.com)
02 November 2018 17:00
Anda suka merokok? Kapan Anda biasa mulai merokok setiap hari? Biasanya orang merokok saat pagi hari setelah bangun tidur, sambil ditemani segelas kopi. Mantab

Tapi tahukah Anda, merokok pagi hari meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Penelitian yang dilakukan oleh U.S. National Cancer Institute mengambil data 3.200 perokok dan mantan perokok di Amerika Serikat dan Italia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mulai merokok kurang dari satu jam setelah bangun tidur dipagi hari memiliki risiko terkena kanker paru-paru lebih besar dibandingkan mereka yang merokok lebih siang.

Steven Branstetter, Ph.D., asisten profesor kesehatan biobehavioral di Pennsylvania, AS mengatakan merokok pagi hari cenderung menghirup lebih dalam, dan menahap asap di paru-paru lebih lama, serta menghirup lebih banyak asap per batangnya.

Jadi jika Anda mempunyai kebiasaan merokok pagi hari, sebaiknya segera hentikan. Bukan hanya dipagi hari, tapi juga siang dan malam hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting