Naik Tangga, Cara Sederhana Cek Kesehatan Jantung Kita
berita

19 December 2018 17:20
Watyutink.com – Jika memasuki sebuah gedung bertingkat, mana yang akan Anda pilih, menggunakan lift atau menaiki tangga? Pasti jawabannya adalah menggunakan lift, dengan alasan hemat waktu dan tenaga.

Tahukah Anda, menggunakan tangga sebenarnya lebih menyehatkan. Selain itu menaiki tangga bisa mendeteksi kesehatan kita.

Sebuah studi baru di European Society of Cardiology yang berlokasi di Perancis melaporkan, tes olahraga yang membutuhkan gerakan cepat seperti naik turun tangga bisa memprediksi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan onkologi. Dr. Freeman mengatakan kepada Healthline, saat ini dokter para dokter bisa menilai kesehatan jantung seseorang dengan cara melakukan uji naik tangga.

Jika seseorang mampu menaiki tangga dengan waktu dan cara yang relatif normal, kemungkinan besar jantungnya berfungsi dengan baik. Bagi mereka yang gagal melewati tes menaiki tangga, sebaiknya mulai mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Rajinlah berolah raga dan turuti anjuran dokter jika mengalami gangguan kesehatan.

Namun bagi penderita artritis atau peradangan sendi dan gangguan ortopedi tertentu Dr Freeman  menganjurkan untuk tidak melakukan uji kesehatan denga menaiki tangga. Hal yang sama dengan penderita penyakit asma sebaiknya menghindari penggunaan tangga. Untuk menjaga kesehatan sebaiknya mereka menggantinya dengan berolah raga renang yang mampu meminimalisir serangan asma.

Jika melihat manfaatnya, masihkah Anda malas menggunakan tangga dan memilih cara singkat dengan memakai lift atau escalator?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting