Naikkan RPM Mobil Ketika Melintasi Rel Kereta Api
berita

01 June 2019 17:10
Watyutink.com - Tidak semua perlintasan kereta api dilengkapi dengan pintu perlintasan yang dijaga petugas, yang segera menutup palang pintu perlintasan ketika kereta api akan segera melintas. Karena tidak tertutup palang perlintasan dan tidak terlihat adanya kereta yang akan datang maka pengendara biasanya akan segera  melintasi rel. Tapi, tidak jarang ketika mobil tepat di berada di atas rel, tiba-tiba mesin mobil mati dan tidak bisa dinyalakan kembali.

Jika hal hal ini terjadi, maka yang terpenting adalah jangan panik. Kalaupun masih ada waktu, doronglah mobil Anda secepatnya keluar dari lintasan kereta api, baru kemudian mesinnya dinyalakan kembali. Jika tidak memungkinkan lagi, segera keluar dari mobil Anda. 

Tahukah Anda, jika mesin mobil Anda tiba-tiba mati mendadak saat berada tepat di atas rel, itu bisa jadi pertanda kereta api segera akan datang melintas?

Ada penjelasan ilmiahnya kenapa mesin kendaraan bisa mati mendadak jika kereta api akan datang.

Ketika kereta api berjalan akan menimbulkan getaran antara lokomotif kereta api dengan rel, di mana akan menghasilkan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektormagnetikan  itu sendiri dihasilkan dari operasional dinamo dan lokokomitif kereta api. Gelombang elektromagnetik  ini kemudian mengalir dihantarkan oleh rel kereta api, yang dapat menyebabkan matinya mesin mobil kita. Oleh sebab itulah petugas penjaga perlintasan kereta api akan segera menutup palang pintu kereta api setidaknya satu atau dua kilometer sebelum kereta api melintas, untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi.

Karena itu ketika melintasi rel kereta api kita harus menaikkan RPM sedikit lebih tinggi, walau kecepatan mobil masih standar atau masih pelan. Semakin tinggi RPM, maka konsumsi listrik makin besar, sehingga diharapkan dapat meminimalisir gangguan elektromagnetik yang dapat menyebabkan mesin mobil mati.

Sempat juga beredar pesan viral di sosial media yang menyarankan untuk dapat menyalakan mesin mobil yang mati tiba-tiba ditengah perlintasan kereta api adalah dengan membunyikan klakson kuat-kuat sebelumnya. Tapi saran ini belum tervalidasi kebenarannya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI

FOLLOW US

Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja             Stop Bakar Uang, Ciptakan Profit             Potensi Korupsi di Sektor Migas