Nasi Panas Lebih Tinggi Kadar Gulanya, Benarkah?
berita
Sumber Foto : klikdokter.com (gie/watyutink.com)
05 October 2018 16:20
Penderita diabetes seringkali diminta menghindari nasi panas. Dikhawatirkan mengkonsumsi nasi putih panas bisa meningkatkan kadar gula. Benarkah seperti itu?

Ternyata pakar kesehatan mengatakan kandungan kalori nasi panas dan nasi dingin cenderung sama saja, yakni 175 kalori untuk 100 gram. Namun, indeks glikemik dari nasi dingin jauh lebih rendah dibandingkan nasi panas. Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat.

Akibatnya nasi dingin cenderung akan lebih lama dicerna oleh tubuh dan mencegah kenaikan gula darah dengan waktu yang cepat. Jadi memang benar, penderita diabetes sebaiknya hindari makan nasi panas. (ysf)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting