Obati Vertigo dan Migrain dengan Ramuan Jahe, Kayu Manis, Ketumbar, dan Madu
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
24 March 2021 16:42
Watyutink.com – Vertigo adalah salah satu gangguan kesehatan yang menyerang organ kepala. Saat menyerang, vertigo bisa menyebabkan orang kehilangan keseimbangan. Itulah sebabnya penyakit ini harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Selain vertigo gangguan kesehatan di kepala adalah migrain. Penyakit ini sering pula disebut sakit kepala sebelah. Meski bernama ‘sakit kepala’ tapi migrain berbeda dengan sakit kepala biasa. Sama seperti vertigo, migrain juga tidak bisa dipandang remeh. Kedua gangguan kepala ini saat menyerang dipastikan bakal semua kegiatan, seperti belajar, bekerja dan sebagainya akan terhenti.

Itulah sebabnya vertigo dan migrain harus segera disembuhkan. Biasanya orang cenderung mengguanakan obat-obatan kimia untuk menyembuhkannya.  Padahal kedua penyakit tersebut sejatinya bisa disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami. Selain mudah didapat, bahan alami juga lebih aman lantaran bebas kandungan zat atau bahan kimia.

Tahukah Anda, apakah bahan alami yang bisa menyembuhkan vertigo dan migrain?

Vertigo adalah gangguan kesehatan yang menyerang kepala. Meski demikian, vertigo berbeda dengan sakit kepala. Bahkan vertigo bisa jadi adalah gejala yang telah terjadi selama jangka waktu tertentu. Kumpulan gejala itu bisa kambuh secara tiba-tiba.

Vertigo biasanya ditandai dengan seolah-olang lingkungan sekitar berputar atau melayang. Seringkali penderita akan kehilangan keseimbangan bahkan sulit berdiri dan berjalan. Selain kliyengan atau kepala serasa berputar, vertigo juga kerap disertai mual, muntah dan keluar keringat berlebih. Vertigo juga mengakibatkan nistagmus atau mata bergerak tidak normal dan telinga berdenging.

Dalam kondisi ringan, vertigo bisa hilang dengan sendirinya hanya dengan beristirahat. Namun hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan dan dianggap sepele. Jika tidak mendapat penanganan, vertigo bisa menjadi lebih parah. Frekuensi kambuh juga menjadi lebih sering.

Sedangkan migrain adalah kondisi yang menyebabkan kepala serasa berdenyut. Berbeda dengan sakit kepala, denyutan saat migrain hanya terasa di satu sisi kepala, sebelah kiri atau kanan saja. Gejala yang dirasakan pun berbeda. Migrain biasanya disertai pula dengan gejala mual dan merasa sangat lelah. Mata dan telinga juga seringkali menjadi lebih peka terhadap cahaya dan suara.

Untuk menyembuhkan vertigo dan migrain tidak harus menggunakan obat buatan pabrik. Kedua masalah kepala itu bisa disembuhkan dengan mengonsumsi bahan alami, yakni jahe. Rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur ini dikenal kaya akan kandungan zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti fenolat, proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol, dan shogaol.

Selain itu jahe juga juga kaya akan kandungan air, serat, karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan kandungan mineral dan vitamin dalam jahe adalah kalsium, fosfor, besi, vitamin  A, B1, B3, dan C. Jahe juga mempunyai sifat antioksidan dan antiradang.

Ahli pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam akun instagramnya membagikan resep mencegah vertigo menggunakan jahe. Sebelumnya sediakan bahan-bahan, berupa satu ruas jahe seukuran ibu jari, lima sentimeter kayu manis, dua sendok makan lemon atau jeruk nipis, dua sendok makan madu, dan 300 mililiter air matang.

Cara membuatnya, iris jahe tipis-tipis lalu rebus sebentar bersama kayu manis. Jangan terlalu lama merebusnya. Setelah muncul gelembung kecil, angkat. Setelah menjadi hangat tambahkan madu dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Minum ramuan atau wedang jahe tersebut untuk menghilangkan vertigo.

Sedangkan untuk mengatasi migrain, caranya, siapkan satu ruas jahe dan setengah sendok teh ketumbar. Rebus dengan empat gelas ukurang sedang air, biarka sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Angkat dan biarkan menjadi hangat. Tambahkan madu dan air perasan jeruk nipis atau lemon. Minum dua kali sehari. Lakukan sampai migrain reda.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI