Panjang Hidung Menyusut Saat Seseorang Berbohong
berita
Sumber Foto : brilio.net
08 October 2019 09:30
Watyutink.com - Orang yang berbohong hidungnya jadi tambah panjang. Mungkin kita beranggapan hal itu hanya ada di cerita Pinokio, si boneka kayu.  Hidung pinokio bisa menjadi pertanda anak Gepeto si tukang kayu itu sedang berbohong.

Tahukah Anda, perubahan ukuran hidung saat orang berbohong ternyata bukan hanya cerita fiksi, melainkan benar-benar terjadi. Namun, bukannya semakin memanjang, saat berbohong ukuran hidung justru semakin menyusut.

Dr. Emilio Gomez Milan, dari University of Granada mengatakan ujung hidung akan menyusut saat seseorang berbohong. Selain itu suhu hidung juga menurun hingga  1,2 derajat celcius. Sedangkan suhu dahi naik hingga 1,5 derajat celcius.Namun perubahan itu tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Gomez Milan menjelaskan, hal ini terjadi karena untuk bisa berbohong seseorang perlu berpikir terlebih dahulu. Hal itulah yang menyebabkan suhu tubuh meningkat meningkatkan. Sementara itu pada waktu yang bersamaan berbohong akan membuat seseorang cemas sehingga suhu hidung turun.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI

FOLLOW US

Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja             Stop Bakar Uang, Ciptakan Profit             Potensi Korupsi di Sektor Migas