Penguin di Kutub Selatan, Beruang Kutub di Utara
berita
Ilustrasi watyutink (gie/watyutink.com)
14 December 2018 14:00
Watyutink.com - Hari ini dikenang dengan peristiwa ekspedisi pertama ke Kutub Selatan, yang dilakukan oleh orang Belgia bernama Roald Amundsen pada 14 Desember 1911. Walaupun sebenarnya banyak yang mengaku sebagai orang yang pertama mencapai Kutub Selatan, seperti ekspedisi Rusia yang dipimpin oleh Fabian Gottlieb von Bellingshausen dan Mikhail Petrovich Lazarev, atau ekspedisi Inggris yang dipimpin oleh Edward Brnasfield dan Nathaniel Brown Palmer pada tahun 1820. Selain itu ada juga Kapten Jhon Davis (Amerika) yang mengklaim sebagai orang yang pertama mencapai Kutub Selatan pada tanggal 7 Februari 1821. Selain mencapai ke Kutub Selatan, Roald Amundsen juga dikenal sebagai orang yang pertama mencapai Kutub Utara.

Tahukah Anda, apa perbedaan Kutub Selatan dan Utara?

Ternyata walau terlihat serupa, berupa daratan di ujung Planet Bumi yang didominasi es yang luas dan monoton, Kutub Utara sebenarnya adalah lautan beku (seluas 5.4 juta mil persegi) yang dikelilingi oleh lingkaran arktik (artic cycle). Sedangkan Kutub Selatan (Antartika) benar-benar merupakan daratan (seluas 6 juta mil persegi), bergunung dan danau yang ditutupi es serta dikelilingi oleh lautan.

Kutub Selatan merupakan satu-satunya tempat di Bumi yang tidak dimiliki oleh siapapun atau negara manapun, dan tidak pernah memiliki sejarah didiami oleh penduduk asli. Beda dengan Kutub Utara yang didiami sekitar 4 juta orang yang menempati kawasan arctic circle, di beberapa kota kecil dan besar seperti Barrow (Alaska, AS), Tromso (Norwegia), Muramansk dan Salekhaard (Rusia).

Secara alami Penguin mendiami Kutub Selatan, yang bersuhu rata-rata -60 derajat C di musim dingin dan bahkan pernah mencapai suhu terendah - 89.6 derajat C pada 21 Juli 1983. Sedangkan Beruang Kutub secara alami hidup di Kutub Utara, di mana suhu rata-ratanya mencapai -40 derajat C.  

Di Kutub utara diperkirakan mengandung satu per empat cadangan minyak (dan juga gas) yang belum dieksplorasi (United States Geological Survey), karena itu diklaim dan diperebutkan beberapa negara seperti Rusia dan Amerika. Sementara Kutub Selatan diperkirakan hanya menyimpan cadangan minyak yang sedikit.

Sebagai tambahan informasi, pada bulan April 2019 akan ada tim ekspedisi ke Kutub Utara, yang diselenggarakan oleh Fjallraven Polar. Willy Kurniawan, warga Bekasi, akan tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Utara, jika dia berhasil ikut serta dalam eskpedisi itu. Syaratnya dia mendapat dukungan vote sebanyak-banyaknya di akun media sosial. Hingga penutupan voting pada hari Kamis (14/12/2018), Willy sudah mengantongi 55.002 vote, menduduki posisi pertama untuk kawasan Asia/Oceania.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting