Penuh Manfaat, Air Kelapa Juga Berbahaya
berita
Istimewa
09 August 2019 09:00
Watyutink.com - Pohon kelapa merupakan salah satu jenis tanaman yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Pohon ini memiliki buah yang bagian dalamnya terdapat air yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin. Tidak heran jika air kelapa banyak diburu masyarakat untuk meningkatkan kesehatan tubuh mereka. Meskipun menyehatkan, namun tidak semua orang diperbolehkan mengkonsumsi air kelapa. 

Tahukah Anda kriteria fisik yang sebaiknya tidak mengkonsumsi air kelapa?

Air kelapa sendiri mengandung vitamin dan mineral, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Selain itu air ini juga mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit, kalori yang rendah, natrium yang rendah, serta tinggi kalium. Kandungan kalium dalam air kelapa lebih tinggi dibandingan dengan 4 buah pisang, serta kandungan mineralnya lebih baik dibandingkan dengan jeruk.

Secara umum manfaat dari air kelapa sendiri antara lain memperbaiki sirkulasi darah, membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah terjadinya batu ginjal, menyembuhkan gangguan saluran kecing, meredakan rasa pusing akibat mabuk, dan masih banyak lagi. Selain itu air kelapa memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak. 

Meskipun kaya akan manfaat, tapi seseorang dengan gangguan ginjal tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi air kelapa. Kandungan kalium dalam air kelapa justru akan membebani kerja ginjal. Hal ini otomatis akan memperburuk kondisi ginjal yang sebelumnya sudah mengalami gangguan. 

Tidak hanya ginjal, kandungan kalium dalam air kelapa dapat memperburuk kondisi penderita jantung. Apabila kandungan kalium dalam darah meningkat atau biasa disebut hyperkalemia menyebabkan perubahan irama jantung dan dapat mengancam jiwa penderitanya. 

Bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa. Dikarenakan air kelapa memiliki kandungan kalium dan gula yang cukup tinggi. Hal ini membuat kadar gula dalam darah sulit dikontrol.

Bagi penderita iritasi usus sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa memiliki efek laxative yang dapat membahayakan penderitanya. Efek ini sama halnya dengan pencahar alami. 

Seseorang yang sedang menjalani pengobatan dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu tidak disarankan mengkonsumsi air kelapa. Obat-obatan yang dimaksud seperti inhibitor ACE, beta blocker, dan beberapa obat antibiotik seperti penicillin. Mengkonsumsi obat-obatan dan air kelapa bebarengan dapat membuat kadar kalium dalam darah meningkat, sehingga berbahaya bagi tubuh. 

Meskipun bermanfaat, tapi ingat ya jika termasuk dalam beberapa kriteria di atas jangan mengkonsumsi air kelapa karena bisa berbahaya. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar