Permainan Congklak Berasal dari Arab
berita

02 December 2018 17:30
Anda pasti mengenal permainan congklak. Meski saat ini sudah jarang terlihat anak-anak memainkan permainan ini namun permainan congklak tetap mengasyikkan untuk dimainkan. 

Tahukah Anda dari mana sebetulnya permainan ini? 

Permainan yang juga dikenal dengan nama dakon ini identik dengan permainan tradisional masyarakat Jawa. Padahal sejartinya congklak berasal dari Jazirah Arab. Konon para pedagang Arab dan Afrika yang membawanya hingga ke Nusantara. 

Pada jaman dahulu congklak bahkan menjadi permainan kalangan bangsawan. Papan congklak dibuat dari kaya terbaik lengkap dengan ukiran yang indah. Umumnya dimainkan oleh anak gadis dilingkungan istana. 

Saat ini congklak sudah jarang ditemui. Perkembangan teknologi dan kemajuan jaman telah membuat congklak dan permainan tradisional lainnya tersisihkan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir