Permainan Congklak Berasal dari Arab
berita

02 December 2018 17:30
Anda pasti mengenal permainan congklak. Meski saat ini sudah jarang terlihat anak-anak memainkan permainan ini namun permainan congklak tetap mengasyikkan untuk dimainkan. 

Tahukah Anda dari mana sebetulnya permainan ini? 

Permainan yang juga dikenal dengan nama dakon ini identik dengan permainan tradisional masyarakat Jawa. Padahal sejartinya congklak berasal dari Jazirah Arab. Konon para pedagang Arab dan Afrika yang membawanya hingga ke Nusantara. 

Pada jaman dahulu congklak bahkan menjadi permainan kalangan bangsawan. Papan congklak dibuat dari kaya terbaik lengkap dengan ukiran yang indah. Umumnya dimainkan oleh anak gadis dilingkungan istana. 

Saat ini congklak sudah jarang ditemui. Perkembangan teknologi dan kemajuan jaman telah membuat congklak dan permainan tradisional lainnya tersisihkan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi