Phubbing, Bahaya Smartphone yang Tidak Kita Sadari
berita

10 January 2019 17:20
Watyutink.com - Tanpa kita sadari, saat ini smartphone adalah benda yang paling sering kita pegang. Smartphone juga menjadi benda yang paling sering menyita perhatian. Bahkan mengalahkan perhatian kita kepada lingkunan sekitar, baik kelurarga maupun teman. Tanpa disadari pula kita telah terserang phubbing.

Tahukah Anda, apa itu phubbing dan apa pula akibatnya?

Phubbing adalah istilah yang berasal dari kata phone dan snubbing. Istilah yang berarti sebuah perilaku acuh tak acuh terhadap lingkungan dan lebih fokus pada gadget smartphone. Jika dibiarkan kebiasaan phubbing dapat membahayakan kehidupan sosial, terutama hubungan dengan orang-orang terdekat.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari University of Kent, Inggris mengungkap bahwa phubbing mempengaruhi cara orang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan, saat tingkat phubbing meningkat, orang menjadi lebih cepat marah. Hal itu karena ada lebih banyak ancaman terhadap kebutuhan dasar manusia untuk berhubungan.

Varoth Chotpitayasunondh dan Karen Douglas peneliti dari Sekolah Psikologi Kent percaya bahwa phubbing dapat merusak rasa memiliki dan harga diri seseorang. Sebab pada dasarnya tidak ada orang yang senang diabaikan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter