Phubbing, Bahaya Smartphone yang Tidak Kita Sadari
berita

10 January 2019 17:20
Watyutink.com - Tanpa kita sadari, saat ini smartphone adalah benda yang paling sering kita pegang. Smartphone juga menjadi benda yang paling sering menyita perhatian. Bahkan mengalahkan perhatian kita kepada lingkunan sekitar, baik kelurarga maupun teman. Tanpa disadari pula kita telah terserang phubbing.

Tahukah Anda, apa itu phubbing dan apa pula akibatnya?

Phubbing adalah istilah yang berasal dari kata phone dan snubbing. Istilah yang berarti sebuah perilaku acuh tak acuh terhadap lingkungan dan lebih fokus pada gadget smartphone. Jika dibiarkan kebiasaan phubbing dapat membahayakan kehidupan sosial, terutama hubungan dengan orang-orang terdekat.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari University of Kent, Inggris mengungkap bahwa phubbing mempengaruhi cara orang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan, saat tingkat phubbing meningkat, orang menjadi lebih cepat marah. Hal itu karena ada lebih banyak ancaman terhadap kebutuhan dasar manusia untuk berhubungan.

Varoth Chotpitayasunondh dan Karen Douglas peneliti dari Sekolah Psikologi Kent percaya bahwa phubbing dapat merusak rasa memiliki dan harga diri seseorang. Sebab pada dasarnya tidak ada orang yang senang diabaikan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi